MOM'S LIFE

Tips agar Ibu Rumah Tangga Bisa Hidup Sehat dengan Olahraga

Amelia Sewaka Selasa, 13 Nov 2018 - 07.07 WIB
Tips agar Ibu Rumah Tangga Bisa Hidup Sehat dengan Olahraga/Foto: Istock Tips agar Ibu Rumah Tangga Bisa Hidup Sehat dengan Olahraga/Foto: Istock
Jakarta - Banyak yang berpikir jika perempuan sudah menjadi ibu rumah tangga, tak perlu melakukan olahraga, karena tiap harinya sudah melakukan banyak aktivitas. Eits, ibu rumah tangga pun perlu berolahraga lho untuk menjaga kesehatannya.

Menurut dr Grace Joselini, dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018, ibu rumah tangga memang sudah bagus dari segi aktivitas fisiknya, karena sehari-hari pun mereka memang sudah aktif. Dari mulai beres-beres rumah, urus anak, dan lainnya.

"Nah, di sini tinggal diarahkan aja ke exercise-nya. Jadi mulai ke latihan-latihan kecil atau sederhana seperti coba pergi ke pasar dengan jalan kalau ibu nggak bisa lari pagi, lalu saat di depan TV jalan di tempat," kata dr Grace dalam konferensi pers kampanye 'Live Healthier Lived' di Menara Sun Life, Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.
 Tips agar Ibu Rumah Tangga Bisa Hidup Sehat dengan OlahragaFoto: Istock



dr Grace menambahkan olahraga bisa dilakukan kapan dan di mana aja selama ibu tidak ada gangguan muskuloskeletal atau suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang. Kemudian, bila ibu tidak ada masalah berat badan, Bunda bisa menambahkan 1 set latihan atau olahraga jumping jacks di depan TV.

"Jadi, sambil nonton terus bergerak. Bisa jalan atau jogging di tempat, jumping jacks atau sit-up. Banyak kok sebenarnya yang bisa ibu rumah tangga lakukan di sela aktivitasnya, kita bisa Google juga," papar dr Grace.

Kalau rumah kebetulan bertingkat, bisa juga ditambahkan aktivitas naik turun tangga. Awali pelan-pelan saja, Bun, lama-lama tingkatkan kecepatan selama 10 menit misal. Tapi ingat dengan catatan, Bunda tak punya masalah sendi.
 Tips agar Ibu Rumah Tangga Bisa Hidup Sehat dengan OlahragaFoto: Istock
Memang, bagi ibu baik rumah tangga maupun bekerja, kendala untuk berolahraga adalah waktu. Padahal, menjaga kesehatan tubuh dan pikiran juga penting lho. Nah, berikut langkah agar ibu termasuk ibu bekerja dan ibu rumah tangga bisa olahraga di tengah kesibukan kita sebagai ibu rumah tangga seperti dikutip dari detikcom.

1. Sediakan waktu untuk diri sendiri. Coba sediakan sedikit waktu untuk diri sendiri, Bun. Berjalan kaki di sekitar rumah atau yoga di halaman belakang sebelum anak-anak bangun menjadi latihan yang bagus untuk kesehatan

2. Bagi waktu olahraga. Bunda bisa mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk berolahraga. Mulailah dengan yoga di pagi hari supaya lebih rileks menjalani hari. Olahraga di rumah, seperti stretching, lompat tali, dan sebagainya yang bisa membuat badan berkeringat selama 10 sampai 20 menit.

3. Berolahraga bareng keluarga. Coba ajak keluarga bermain skate, jogging, renang, bersepeda, atau kegiatan olahraga lain yang dapat dilakukan bersama-sama.

4. Olahraga sambil bekerja. Jangan khawatir, Bun, kita bisa latihan sambil bekerja, misalnya mengantar anak sekolah di pagi hari. Berjalan kaki atau mengendarai kendaraan sendiri bisa membantu otot kaki lebih bekerja. Pada sore hari, ajak anak pergi ke taman. Biarkan mereka bermain sementara kita berolahraga.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi