MOM'S LIFE

Bukti Perhatian Anak untuk Tora Sudiro, Bikin Hati Tersentuh

Asri Ediyati Rabu, 09 Jan 2019 - 10.05 WIB
Bukti Perhatian Anak untuk Tora Sudiro, Bikin Hati Tersentuh / Foto: Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Instagram) Bukti Perhatian Anak untuk Tora Sudiro, Bikin Hati Tersentuh / Foto: Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Instagram)
Jakarta - Terkadang anak lebih perhatian dari yang kita kira ya, Bun. Seperti yang dilakukan putri bungsu Tora Sudiro, Jenaka. Ia meminta ayahnya untuk berhenti dari kebiasaannya minum alkohol. Jenaka memintanya dengan wajah yang serius lho, Bun.

Menjelang tidur, Tora membuka sesi obrolan dengan Jenaka. Ibarat petir di siang bolong, permintaan Jenaka itu membuatnya terdiam dan hanya membuahkan senyuman.

"Bab (panggilan untuk Tora), ini demi kebaikan Bab ya. Aku nggak mau Bab minum alkohol lagi," kata Jenaka di video Instagram.

[Gambas:Instagram]


Tora pun malah melontarkan pertanyaan 'Gimana jawabnya?' di caption di Instagramnya. Lalu, di posting-an terpisah, Jenaka juga bertanya dan lagi-lagi tak bisa dibalas dengan jawaban yang memuaskan oleh Tora.

"Bab, kan libur panjang kok kita nggak liburan?" tanya Jenaka.

Tora hanya tertawa dan bilang kalau semuanya lagi pada sibuk. Kata Tora, biar Mieke (istrinya) saja yang menjawab. He-he-he ada-ada saja ya, Bun.


[Gambas:Instagram]


Jenaka perhatian banget ya pada ayahnya? Terkait hal itu, ternyata anak-anak belajar peduli dan hormat ketika mereka diperlakukan dengan cara yang sama, Bun. Ketika anak merasa dicintai, mereka akan selalu terikat dengan orang tua.

Keterikatan itu membuat mereka lebih menerima nilai-nilai dan pengajaran orang tua. Lalu bagaimana caranya? Mengajari anak-anak kita dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti memenuhi kebutuhan fisik dan emosional mereka, menyediakan lingkungan keluarga yang stabil dan aman, menunjukkan kasih sayang dan masih banyak lagi.

Untuk itu, cobalah untuk meluangkan waktu bersama dan selalu membuat pembicaraan yang bermakna. Seperti yang dilakukan Tora dan Jenaka sebelum tidur. Demikian dikutip dari laman Making Caring Common Project, Harvard Graduate School of Education.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi