MOM'S LIFE

Berikan Pujian, Jokowi Akui Kesuksesan Bisnis Kaesang

Annisa Karnesyia Minggu, 10 Feb 2019 - 19.58 WIB
Kaesang dan Jokowi/ Foto: Instagram @kaesangp Kaesang dan Jokowi/ Foto: Instagram @kaesangp
Jakarta - Kaesang Pangarep sepertinya patut berbangga, nih Bun. Sebab, sang ayah baru saja memuji kesuksesan bisnis pisang nugget yang dirintisnya sejak 2017 lalu.

Menurut Jokowi, bisnis pisang goreng tersebut sudah semakin populer belakang ini. Bahkan, berhasil menyaingi bisnis mebel yang dirintis Jokowi puluhan tahun silam lho, Bun.

"Dulu, saya anggap remeh bisnis pisang nugget @kaesangp. Apa sih ini pisang goreng nugget ini? Kenapa tak mengurus perusahaan mebel saya saja? Kini, dengan 54 cabang, Sang Pisang sudah mengalahkan pabrik saya. Anak muda punya peluang yang besar untuk mengembangkan apapun," tulis Presiden Jokowi dalam akun Twitter miliknya, @jokowi.


Kaesang sendiri seperti diketahui mengikuti jejak sang ayah dan kakak tertuanya, Gibran Rakabuming yang menggeluti dunia bisnis. Selain berbisnis pisang, Kaesang juga memiliki bisnis cloting Sang Javas, aplikasi kuliner Madhang.id dan berjualan permainan tradisional.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi secara terang-terangan mendukung pilihan anaknya tersebut dengan menceritakan kisah bisnis anaknya yang kini semakin besar.

Kisah kesuksesan bisnis Kaesang ini, tentu tak lepas dari pengaruh didikan orang tuanya ya, Bun. Meski masih kuliah, anak bungsu Presiden tersebut sudah bisa dikatakan mandiri dalam bidang financial.

Kepiawaian Kaesang berbisnis, mungkin saja karena sudah terbiasa melihat anggota dalam lingkungan keluarganya melakukan hal sama. Sehingga dia mampu mempelajari ilmu-ilmu dasarnya, untuk digunakan sebagai bekal memulai usaha sendiri.


Nah, Bunda, ternyata anak bisa mengikuti jejak orang tua dalam urusan pekerjaan lho. Priscillah Mwangi, konsultan bisnis dari Afrika mengatakan bahwa seorang anak selalu memiliki rasa penasaran dan keingintahuan yang besar. Selain itu, anak kecil adalah seorang peniru yang ekspresif. Saat orang tua melakukan sesuatu, anak cenderung mengikuti karena rasa penasaran tadi.

Saat itulah dibutuhkan peran orang tua untuk membiarkan anak mencari apa yang dia suka. Termasuk di bidang bisnis.

"Meninggalkan anak sendirian untuk mencari tahu apa yang dia suka bisa menyebabkan krisis identitas anak saat dia dewasa dan masuk ke dunia profesional," ujar Priscillah, dikutip dari Thrive Global.

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi Bunda yang ingin membantu anak mengembangkan bakat terutama si bidang bisnis.

1. Memberikan tantangan pada anak, seperti membuat goal yang harus dicapai.

2. Temukan passion anak dari hal apa yang dia sukai.

3. Mintalah bantuan dari yang ahli. Terkadang anak menyukai suatu hal yang kita tidak kuasai, Bun. Saat itu, Bunda bisa minta tolong pada pakar atau ahli untuk membantu mereka.

4. Umur anak bukanlah patokannya. Di usia berapapun, jika anak sudah memiliki ketertarikan terhadap sesuatu, Bunda, harus dukung ya.

5. Jangan biarkan anak berpikir tentang hasil dalam bentuk materi saja, Bun. Tanamkan pada anak bahwa kerja keras itu yang paling penting.

Wah, Patut dicoba ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi