moms-life

Perasaan Gibran & Kaesang Menjadi Anak Joko Widodo

Annisa Karnesyia Senin, 22 Jul 2019 12:30 WIB
Perasaan Gibran & Kaesang Menjadi Anak Joko Widodo
Jakarta - Gimana ya rasanya menjadi anak pemimpin bangsa? Nah, kedua putra Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Kaesang Pangarep mengungkapkan perasaannya baru-baru ini.

Dalam kanal Youtube, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, sebagai putra sulung, Gibran mengaku bangga menjadi anak Jokowi. Meski sulit menggungkapkannya dengan kata-kata, ayah Jan Ethes Srinarendra itu semakin bangga dengan terpilihnya sang ayah menjadi presiden untuk kedua kalinya.

"Apa ya? Susah, yang jelas banggalah sama bapak. Apa lagi sekarang sudah periode kedua," kata Gibran saat ditanya seberapa bangga menjadi anak seorang bapak Jokowi oleh Raffi.


Menjadi anak orang nomor satu di Indonesia membuat Gibran harus menjaga tingkah lakunya. Baginya itu menjadi tanggung jawabnya sebagai anak.

"Saya sekarang jaga nama baik bapak, enggak ikutan hal yang aneh-aneh. Ya, saling jaga nama baiklah," ujar pria 31 tahun itu.

"Apalagi bapak kan disorot sana-sini. Banyak hatersnya juga, banyak yang suka juga. Ya pokoknya kita harus merangkul semualah," sambungnya.

Jokowi dan GibranJokowi dan Gibran/ Foto: Rengga Sancaya

Jawaban Gibran, berbanding terbalik dengan sang adik, Kaesang Pangarep. Putra bungsu Jokowi itu justru menanyakan balik pertanyaan ke ayahnya.

"Kayaknya harusnya kebalik tanyanya, seberapa bangga bapak punya anak kayak saya," papar Kaesang sambil tersenyum.

Ada-ada saja ya, Bun. Kalau Kaesang menanggapinya dengan candaan, Gibran, sebagai anak pertama justru melihatnya sebagai tanggung jawab.

Menjadi anak pertama memang memiliki tanggung jawab yang berbeda di keluarga. Kata psikolog anak, Dr.Rachel Andrew, cara pikir mereka dipengaruhi orang dewasa yang dilihat. Itulah kenapa anak pertama seperti Gibran umumnya lahir dengan rasa tanggung jawab.

"Rasa tanggung jawab anak sulung bisa terlihat lebih menonjol dibanding anak seumurannya," ujar Andrew, dikutip dari Independent.

Untuk mendapatkan perhatian dan diterima masyarakat, anak sulung harus bekerja keras. Dalam prosesnya, dia akan belajar untuk bertanggung jawab.

Simak juga keseruan saat Jokowi mengajak keluarganya olahraga di Istana Bogor dalam video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi