MOM'S LIFE

Saat Atiqah Hasiholan Membela Ibunda yang Terjerat Kasus Hoax

Muhayati Faridatun Rabu, 06 Mar 2019 - 17.07 WIB
Foto: Atiqah Hasiholan di Polda Metro Jaya. (Kanavino-detikcom) Foto: Atiqah Hasiholan di Polda Metro Jaya. (Kanavino-detikcom)
Jakarta - Atiqah Hasiholan membuktikan diri sebagai anak yang berbakti pada orang tua. Bintang film Berbagi Suami ini selalu mendampingi ibunda tercinta, Ratna Sarumpaet, yang tengah menjalani proses hukum. Ia pun lantang melayangkan pembelaan.

Pada Rabu (6/3/2019) ini, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Atiqah terlihat hadir untuk memberikan dukungan kepada ibundanya, yang dikenal sebagai aktivis dan seniman teater.

Atiqah juga melayangkan pembelaan, sang ibu bukanlah penyebab keonaran terkait hoax penganiayaan. "Kalau bagi saya, itu bukan kerusuhan, keonaran," cetusnya, dikutip dari detikcom.


Istri aktor Rio Dewanto ini juga menegaskan bahwa ibundanya sudah menyampaikan permohonan maaf pada publik. Ia meyakini Ratna Sarumpaet siap menghadapi ganjaran atas apa yang telah dilakukannya.

Seperti Bunda ketahui, Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran lantaran menyebarkan hoax penganiayaan. Perempuan 69 tahun itu disebut membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah lebam dan bengkak, yang diklaim akibat dianiaya.

Atiqah Hasiholan dan Ratna Sarumpaet/ Atiqah Hasiholan dan Ratna Sarumpaet/ Foto: Kanavino/detikcom
Namun, jaksa mengatakan wajah lebam Ratna Sarumpaet dikarenakan tindakan medis operasi plastik. Ibu empat anak ini pun didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE.

"Seperti yang saya bilang, para ahli pidana di luar sana, ada beberapa ya, salah satunya Prof. Andi Hamzah, Mahfud Md, mereka bilang ini dakwaannya tidak tepat," ujar Atiqah.

Ibu dari Salma Jihane ini juga berharap, nota keberatan (eksepsi) yang dibacakan tim pengacara Ratna Sarumpaet diterima majelis hakim. "Saya harapkan eksepsi kami diterima," imbuhnya.


Tentu wajar ya, Bunda, apa yang dilakukan Atiqah pada Ratna Sarumpaet. Meski sang ibu terjerat kasus hukum, sebagai anak selayaknya tetap memberi dukungan. Terlebih mengingat Ratna Sarumpaet sudah memasuki usia lanjut.

Namun, psikolog anak dan keluarga, Dr.Rose Mini Agoes Salim, mengingatkan agar dukungan tersebut tidak membuat sang anak mengalami kemunduran. Sedangkan, orang tua yang terjerat kasus juga harus melihat seberapa besar dukungan yang diberikan sang anak.

"Jangan selalu mengatakan bahwa saya benar, atau terjebak. Tetap ada sisi yang harus dilihat kalau ini kemungkinan salah, akibatnya saya jadi begini, dan jangan lakukan hal itu lagi," tutur psikolog yang akrab disapa Bunda Romi ini.

Bunda, simak juga video berikut, saat Atiqah meminta agar Ratna Sarumpaet menjadi tahanan kota:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi