MOM'S LIFE

Keseruan Sarwendah Persiapkan Kelahiran Anak Kedua

Annisa Karnesyia Senin, 11 Mar 2019 - 15.27 WIB
Keseruan Sarwendah Persiapkan Kelahiran Anak Kedua/ Foto: InsertLive Keseruan Sarwendah Persiapkan Kelahiran Anak Kedua/ Foto: InsertLive
Jakarta - Sarwendah Tan, istri presenter Ruben Onsu lagi deg-degan menunggu kelahiran anak keduanya nih, Bun. Di kehamilan yang memasuki usia 7 bulan, Sarwendah membagikan cerita keseruannya menanti sang buah hati.

"Kemarin baru cek dokter, semuanya sehat, dan berat badan juga cukup," ujar Sarwendah, dikutip dari InsertLive.

Sarwendah juga menceritakan lebih lanjut seputar persiapan, harapan, dan keadaan si kecil yang sampai sekarang ternyata belum diketahui jenis kelaminnya.

"Harapan aku baby-nya sehat terus. Karena sekarang setiap di-USG posisinya selalu tengkurap, jadi belum tahu jenis kelaminnya," tutur mantan personel grup Cherrybelle itu.

Ibu dari Thalia Putri Onsu ini tidak mau ambil pusing dengan berbagai persiapan menjelang kelahiran. Bila anak perempuan yang lahir, dia sudah menyiapkan perlengkapan yang sudah ada dari sang kakak.

"Kalau baby girl, bisa pakai punya kakaknya, kalau baby boy, nanti paling mesti beli barang lagi dan harus belajar lagi buat urus anak cowok. Tapi untuk sekarang beli barang warnanya netral aja dulu," kata Sarwendah.


Ditanya soal rencana melahirkan, perempuan 29 tahun itu mengungkapkan rencananya untuk melahirkan di Singapura. Menurutnya, setelah beberapa kali melakukan check up di sana dirinya cocok dengan dokter kandungannya. Selain itu, keadaan rumah sakit yang nyaman jadi alasan dirinya dan sang suami memilih melahirkan di negara yang dijuluki Kota Singa itu.

Ibu dengan kehamilan kedua memang akan menghadapi tantangan yang berbeda dibandingkan kehamilan anak pertama, Bunda. Dilansir Motherly, ada fakta menarik seputar kehamilan kedua yang Bunda harus tahu, nih.

1. Proses kelahiran akan lebih cepat

Kelahiran pertama bisa mencapai waktu rata-rata 18 jam. Sedangkan, kelahiran kedua umumnya akan jauh lebih singkat. Hal ini terjadi karena otot dan ligamen akan mengalami proses relaksasi dan lebih siap. Serviks atau leher rahim juga akan terbuka lebih cepat.

2. Proses mendorong bayi lebih cepat

Otot dan ligamen di bagian panggul dan vagina sudah membentuk ruangan yang cukup untuk mendorong bayi keluar. Bila kelahiran pertama proses mendorong antara 20 menit sampai 3 jam, di kelahiran kedua biasanya akan selesai dalam waktu 2 jam.

3. Ibu hamil akan merasa lebih sering kram

Kebanyakan wanita hamil akan merasa kram pada 3 sampai 5 hari setelah menyusui. Ini karena lepasnya hormon oksitosin yang menyebabkan rahim kram.

4. Ibu hamil merasa lebih percaya diri

Meskipun kehamilan kedua berbeda dengan yang pertama, ibu hamil telah mengalami proses kelahiran, sehingga dia lebih percaya diri dalam proses yang kedua kalinya. Selain itu, ibu hamil akan lebih mempercayai tubuhnya sendiri.

"Setelah kelahiran pertama, tubuh akan cepat kembali ke bentuk awal. Tapi saat kehamilan kedua, segala gejala kehamilan pertama akan dirasakan lebih cepat. Ini karena tubuh mengingat semua hal di kehamilan pertama," ujar Hetaher Barton, dokter Obgyn di Woman's Helath & Wellness di Cross Roads, Texas, dikutip dari The Bump.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi