MOM'S LIFE

Sosok Rosano Barack dan Reiko di Mata Syahrini

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 12 Mar 2019 - 11.00 WIB
Syahrini dan ibu mertua/ Foto: Instagram Syahrini dan ibu mertua/ Foto: Instagram
Jakarta - Syahrini sudah resmi menjadi nyonya Reino Barack. Itu berarti juga, dia sudah sah jadi menantu perempuan pasangan Rosano Barack dan Reiko Barack. Layaknya menantu lain, Syahrini pasti punya penilaian tentang sosok mertuanya itu. Apa kata pelantun hits Sesuatu ini?

Terkait sang ayah mertua, Syahrini mengaku ada beberapa karakter dari papa mertua yang dia panggil Papa Cano, yang mirip dengan mendiang sang ayah. Di mata Syahrini, Rosano adalah sosok yang tegas, sangat lembut, dan penyayang, tapi tidak pernah terekspresikan.

"Jadi, aku lihat ekspresi Beliau mencucurkan air mata di hari itu, itulah perasaan dari seorang ayah kepada anak. Di dalam terlihat sangat lembut, sensitif, namanya ayah ya," kata Syahrini, seperti dilansir 20detik.

Syahrini dan Rosano BarackSyahrini dan Rosano Barack/ Foto: Instagram
Secara kasat mata, Papa Cano, menurut Syahrini adalah sosok yang karismatik, tegas, disiplin, dan on time. Dari situ pula Syahrini mengaku banyak belajar bagaimana cara disipln dan hidup yang sukses, salah satunya ditentukan oleh kebiasaan on time dalam melakukan sesuatu. Bahkan, Syahrini bilang, kedisiplinan di keluarga Reino sangat jelas dan terasa sekali.

Lantas, gimana dengan sosok Mama Reiko? Kata Syahrini, Reiko Barack adalah sosok wanita yang amat perhatian. Syahrini ingat betul saat dia sakit di Jepang, yang paling khawatir adalah ibu mertuanya, Bun.

Rosano BarackRosano Barack /Foto: dok. Global Mediacom
"Mama memperhatikan aku. Obatnya, apanya, disiapin. 'Sayang, ini untuk (sakit) tenggorokannya', gitu," kenang Syahrini.

Bahkan, Syahrini mengaku dapat panggilan sayang lho dari sang mama mertua. Apa tuh? "Rin-chan. Dalam bahasa Jepang artinya wanita mungil yang sangat lucu, katanya begitu. Bukan Sinchan ya. Itu pangglan sayang ibu dan papa mertua sampai hari ini," kata Syahrini, sembari terkekeh.

Dia menambahkan, sebelum dan setelah menjadi menantu, perlakuan Rosano Barack dan Reiko tak berubah. Orang tua Reino Barack itu, kata Syahrini, menerima segala kekurangan dan kelebihannya, plus mengerti profesi Syahrini.

Syahrini dan Reino BarackSyahrini dan Reino Barack/ Foto: (Hanif Hawari/detikHOT)
Bicara soal hubungan mertua dan menantu, terlebih ibu mertua, memang dibutuhkan usaha lebih supaya hubungan keduanya lebih dekat. Disampaikan Geoffrey L. Greif, Ph.D., profesor di University of Maryland School of Social Work, lebih sulit menciptakan hubungan yang baik antara ibu mertua dan menantu perempuan.

"Dalam survei yang saya dan tim lakukan, bagi ibu mertua, hubungannya dikatakan dekat dengan menantu perempuannya yakni ketika si menantu dirasa membantu, membuat anaknya bahagia, memiliki ketertarikan di bidang yang sama, si ibu mertua tetap dekat dengan anaknya dan tidak merasa ditinggalkan, kemudian sering menghabiskan waktu bersama menantunya," papar Greif, seperti dilansir Psychology Today.


Untuk mencapai hal itu, menurut Greif, ibu mertua dan menantu perlu melakukan beberapa hal yakni:

1. Sering saling melibatkan diri dalam melakukan suatu kegiatan.
2. Mencari ketertarikan yang sama, misalnya hobi atau kegiatan yang disukai.
3. Menantu memberi waktu suami menghabiskan waktu bersama ibunya.
4. Menantu sering ikut andil dalam kegiatan untuk membantu ibu mertua.
5. Berkomunikasi.

"Memang hubungan ibu mertua dengan menantu perempuan cukup kompleks. Tapi, dengan memahami karakteristik masing-masing, bukan tak mungkin akan tercipta hubungan yang harmonis," ujar Greif.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi