MOM'S LIFE

Bunda, Simak Pentingnya Membersihkan Tubuh Setelah 'Ehem'

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 13 Mar 2019 - 18.30 WIB
Bersihkan badan usai bercinta/ Foto: iStock Bersihkan badan usai bercinta/ Foto: iStock
Jakarta - Banyak pasangan bergegas membersihkan diri usai bercinta. Sebenarnya, perlu nggak sih rutinitas ini dilakukan, Bun?

Agenda 'ehem' memang begitu menguras energi sehingga membuat keringat bercucuran. Belum lagi, aktivitas bermesraan dengan pasangan yang membuat risih karena baunya dianggap mengganggu.

Hal ini sah-sah saja dilakukan ya, Bun. Karena selain menjaga kebersihan tubuh, rutinitas bersih-bersih yang Bunda lakukan juga membantu menjaga kebersihan area intim.


"Sebenarnya tidak ada alasan medis mengapa seseorang membutuhkan rutinitas kebersihan khusus setelah bercinta. Tentu saja hal ini juga tergantung pada apa yang terjadi selama kegiatan bercinta berlangsung, kebiasaan menjaga kebersihan seseorang, dan risiko infeksi,"kata sex educator di Los Angeles, Anne Hodder, seperti dikutip dari Health Line.

Tak ditampik, bersih-bersih usai bercinta ternyata memang dibutuhkan. Pasalnya nih, Bun, ritual ini membantu menjaga Miss V agar tetap prima.

Bunda, Simak Pentingnya Membersihkan Tubuh Setelah 'Ehem' Ilustrasi bercinta/ Foto: iStock

Melansir Thisisinsider, Dr Allison Hill dan Dr Yvonne Bohn, Obgyn di Los Angeles Obstetrcians & Gynecologist menekankan bahwa menjaga kebersihan area intim sangat penting dilakukan setiap. pasangan yang aktif secara seksual. Tujuannya agar Bunda terhindar dari risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

"Pelumas alami Bunda serta semen dari pasangan Bunda dapat mengubah keseimbangan pH pada Miss V dimana dapat membuat infeksi, seperti infeksi saluran kemih (ISK),"kata Dr Hill dan Dr Bohn.

Untuk mencegah serangan ISK, Dr Hill dan Dr Bohn menyarankan bagi wanita untuk mengosongkan kandung kemih setelah bercinta. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan bakteri yang mungkin terdorong ke darah uretra saat bercinta. Sebab, kalau dibiarkan terus menerus, faktor inilah yang dapat menyebabkan ISK.

Oh ya, Bun, setelah mengosongkan kandung kemih, jangan lupa ya untuk membersihkan area intim dengan cara yang benar. Dr Hill dan Dr Boh mengingatkan sebaiknya menyeka bagian depan lalu ke belakang Miss V sehingga tidak mencemari area intim Bunda dengan bakteri dari dubur dimana dapat menyebabkan ISK.

Cara lainnya, Bunda dapat membiarkan air mani mengalir dari Miss V jika Bunda bercinta tanpa menggunakan pengaman. Hal ini diketahui dapat membuat pH di Miss V tetap seimbang dan membantu mencegah kehadiran ISK.


Nah, demi kesehatan memang tak ada salahnya segera membersihkan diri ya, Bun, usai bercinta. Manfaatnya, nggak cuma membuat area intim terjaga kebersihannya tetapi juga menciptakan kenyamanan selama bercinta dengan pasangan.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi