MOM'S LIFE

Cerita Christine Hakim Mengusir Kejenuhan dalam Berkarier

Muhayati Faridatun Kamis, 14 Mar 2019 - 16.09 WIB
Cerita Christine Hakim mengusir kejenuhan dalam berkarier/ Foto: Marianus Harmita Cerita Christine Hakim mengusir kejenuhan dalam berkarier/ Foto: Marianus Harmita
Jakarta - Aktris senior Christine Hakim mengawali kariernya saat membintangi film Cinta Pertama pada 1973 silam. Lewat film karya Teguh Karya tersebut, perempuan kelahiran Jambi ini sukses meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Sudah puluhan judul film dibintangi Christine Hakim dan tercatat delapan Piala Citra diraihnya. Termasuk lewat film Pengemis dan Tukang Becak (1978), Kerikil-Kerikil Tajam (1984), dan film epik Tjoet Nja' Dhien (1988).

Sukses menggeluti dunia film, siapa sangka, Bun, perempuan 62 tahun ini enggak pernah bercita-cita sebagai aktris. "Saya maunya jadi arsitek dan psikolog," cetusnya, seperti dilansir detikcom.

"Setelah saya memahami bahwa film adalah gudangnya ilmu pengetahuan, alangkah bodohnya kalau tidak memanfaatkan dunia ini justru untuk menimba ilmu. Tapi, tentunya (ilmu) dalam dinamika kehidupan, dunia film juga memiliki tantangan yang besar sekali," sambungnya.


Istri Jeroen Lezer ini pun mengakui kalau kejenuhan menjalani pekerjaan sempat dialaminya. Ada masanya saat kondisi sedang drop, dia juga merasakan lelah, tapi bukan lelah fisik, Bun.

"Kalau lelah bukan fisik kan susah obatnya. Tapi, setelah terlibat dalam pembuatan film Sang Kiai, Kartini, lalu Sultan Agung, saya meyakini bahwa ini fase kehidupan yang harus saya tata, jalani, dan syukuri, karena di sinilah amanat yang Tuhan berikan kepada saya," tuturnya.

Christine Hakim/ Christine Hakim/ Foto: Marianus Harmita
Ibu beranak satu ini kemudian berbagi tips cara mengusir kejenuhan tersebut. "Dari yang saya pelajari dan kaji dalam agama yang saya yakini, kalau segala sesuatu kita jalani dengan ikhlas, maka tidak ada yang berat," imbuhnya.

Ya, Bunda pasti pernah merasa jenuh dengan rutinitas yang dijalani. Baik sebagai ibu rumah tangga, juga bunda yang bekerja di luar rumah. Yuk, simak cara mengusir kejenuhan yang dipaparkan psikolog Saskya Aulia Prima, dari Tiga Generasi:

1. Luangkan waktu selama 5 - 15 menit cukup membuat Bunda bisa bernapas lega.

2. Pilih kegiatan menyenangkan di luar aktivitas, seperti membaca buku, menyulam, mencoba teknik decoupage-DIY, atau jalan-jalan.

3. Cari bantuan kalau Bunda merasa tidak sanggup menangani urusan rumah tangga sendirian, misal pakai pengasuh atau asisten rumah tangga.

4. Selalu mengingatkan diri sendiri untuk melakukan 'me time'.


Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengingatkan nih, Bun. Menurutnya, apapun pilihan Bunda, itu sudah menjadi kesepakatan dengan suami. Karena kalau tidak ada kesepakatan, banyak perempuan yang akhirnya terpaksa atau dipaksa untuk memilih.

"Saya sampaikan kepada para perempuan, siapkan diri dan jangan kaget kalau harus menghadapi titik-titik pengambilan keputusan," tegasnya, dikutip dari detikcom.

Simak juga, Bun, cerita Christine Hakim selengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi