MOM'S LIFE

Cara Iis Dahlia Lindungi Anak dari Bahaya Narkoba

Muhayati Faridatun Jumat, 15 Mar 2019 - 07.00 WIB
Iis Dahlia/ Foto: Marianus Harmita Iis Dahlia/ Foto: Marianus Harmita
Jakarta - Iis Dahlia mengutarakan kecemasan tentang kasus narkoba yang kerap menjerat selebriti Tanah Air. Bukan tanpa alasan karena pedangdut asal Indramayu ini memiliki dua anak usia remaja, Juwita Salshadilla dan Devano Danendra.

Seperti kasus narkoba yang dialami Zul 'Zivilia' dan Sandy Tumiwa baru-baru ini. Mereka kini mendekam dalam penjara dan Zul bahkan terancam hukuman mati.

"Apa sih yang dicari? Kalau kesenangan atau harta lebih, dari nyanyi bisa kok dan enggak ada bahayanya. Dari kita bekerja bisa kok mencari kebahagiaan," kata Iis Dahlia, dikutip dari detikcom.

"Kalau dari (narkoba) ini mungkin dapat lebih banyak dari nyanyi. Tapi, habis itu di penjara," tegasnya.


Belajar dari kasus tersebut, wajar Iis Dahlia lebih dulu melakukan tindakan pencegahan terhadap kedua anaknya. Perempuan 46 tahun ini menyadari kalau pengaruh kuat lingkungan susah dihindari.

"Aku selalu ngomong ke anak-anak bahaya narkoba seperti apa. Tapi kalau lingkungan, kita kadang-kadang enggak bisa kontrol," ujarnya.

Iis Dahlia bersama kedua anaknya/ Iis Dahlia bersama kedua anaknya/ Foto: Instagram/iisdahlia
Pelantun Tamu Tak Diundang ini pun mengingatkan para orang tua untuk mewaspadai perilaku anak-anak. Menurut dia, kalau anak sering mengurung diri di kamar, temperamen tiba-tiba berubah, selalu beralasan setiap disuruh, kemungkinan ada indikasi terjerumus narkoba.

"Bagi orang tua, kalau anak-anak ada indikasi itu, perlu deh untuk tes urine supaya kita tahu. Karena kalau udah nagih, pasti susah," tegasnya.


Ya, narkoba memang bisa menjerat siapa saja tanpa pandang usia. Namun, seperti dilansir detikcom, data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2014 menunjukkan, 22 persen pengguna penyalahgunaan narkoba adalah pelajar usia remaja.

Sedangkan, pada 2018 BNN memaparkan, pihaknya dan kepolisian menyita sabu berjumlah sekira 7 ton sepanjang tahun kemarin. Jumlah tersebut dikatakan meningkat dari tahun sebelumnya.

"Ini berarti, Indonesia masih menjadi tujuan dari peredaran narkoba," ungkap Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko.

Fakta yang sangat meresahkan ya, Bun. Terutama bagi kita yang memiliki anak menanjak usia remaja. Kita perlu menjaganya, membekali dengan ilmu agama, dan jangan pernah tabu memberi tahu tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, demi masa depan mereka yang cerah.

Bunda, simak yuk obrolan Iis Dahlia tentang bahaya narkoba, selengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi