mom-life

Saat Mudik, Mau ke Rumah Mertua atau ke Orang Tua Dulu?

Senin, 12 Jun 2017 12:37 WIB
Saat Mudik, Mau ke Rumah Mertua atau ke Orang Tua Dulu?
Jakarta - Saat jelang Lebaran, biasanya Bunda mudik ke rumah mertua atau ke rumah orang tua? Hmm, kadang soal mau mudik ke mana bisa jadi masalah suami istri lho.

Ini misalnya dialami kakak saya saat awal-awal dia menikah dulu. Kakak saya dan suaminya sama-sama pengen berlebaran hari pertama dan kedua di rumah orang tuanya. Duh, susah dong ya. Apalagi rumah orang tua kakak ipar saya di Sukabumi. Sedangkan orang tua kami ada di Yogyakarta.

Soal tujuan mudik Lebaran memang kesannya simpel, tapi sering kali bikin suami istri berantem kalau masing-masing keukeuh mau Lebaran di rumah orang tuanya. Agar nggak kesel-keselan sama suami terkait tujuan mudik, kalau saya lebih milih mendiskusikan hal ini sejak jauh hari. Setelah itu kami bikin kesepakatan, kalau tahun ini kami berlebaran di rumah orang tua saya, maka tahun depan kami berlebaran di rumah orang tua suami.


Kalau kata psikolog keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si soal tujuan mudik harus ke mana memang nggak ada patokan idealnya. Soalnya semua itu tergantung pada masing-masing suami istri.

"Misalkan kalau di kota tempat tinggal pasangan suami istri ada orang tua istrinya, mungkin mudiknya ke rumah orang tua si suaminya setiap tahunnya. Tapi itu akan tergantung pada kesepakatan dan akan jauh lebih baik mereka membicarakan hal itu," kata perempuan yang akrab disapa Nina ini saat ngobrol dengan HaiBunda.

Mudik juga harus memperhatikan kenyamanan. Karena itu perlu dipertimbangkan juga soal kemudahan perjalanan, transportasi, biaya dan situasi di tempat-tempat tujuan. "Penting melihat situasi di sananya (tempat orang tua suami atau istri) akan ada siapa saja yang menyambut dan akan ada siapa saja nantinya yang datang ke rumah orang tua suami atau istri itu," imbuh Nina.

Agar mudik nggak bikin kita berantem sama suami, lagi-lagi intinya di komunikasi dan kesepakatan bersama Bun. Kalau hanya demi ego ingin berlebaran di rumah orang tua masing-masing, kan nggak enak ya Bun kalau sampai kita dan suami jadi lebaran sendiri-sendiri di rumah orang tuanya.

"Semua itu adalah kesepakatannya dan sah juga kalau memang sudah jadi kebiasaan dari tahun ke tahunnya seperti itu yang diterapkan oleh pasangan suami/istri. Bahkan bisa jadi hal tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun dari keluarga masing-masing pasangan suami/istri," sambung Nina.

Kalau Bunda dan suami biasanya mudik ke mana? Boleh Bun, share tips dari Bunda agar soal mudik nggak jadi masalah sama suami. Tuliskan di kolom komentar ya Bun. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi