moms-life

Tips Cegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 06 Jun 2017 11:32 WIB
Tips Cegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik
Jakarta - Kalau saya lagi mudik barengan sama keponakan yang masih balita, salah satu hal yang saya khawatirin itu anak bakal mabuk perjalanan. Kalau Bunda, punya nggak sih kekhawatiran kayak gitu? Kalau iya, wah kita sehati nih Bun.

Memang yang namanya mabuk perjalanan, jangankan anak-anak, kita orang dewasa aja pasti bakal nggak nyaman. Alhasil, perjalanan bisa terganggu. Tapi, bukan berarti mabuk perjalanan nggak bisa dicegah lho Bun.

Seperti kata dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang, mabuk perjalanan pada anak bisa dicegah pertama, dengan memastikan kalau si kecil dalam keadaan fit waktu berangkat mudik dan atur posisi duduk anak senyaman mungkin saat di kendaraan. Yang perlu diingat, kita nggak boleh lupa untuk memenuhi asupan makanan anak. Makanannya yang kayak gimana ya Bun?


"Makanan ringan dan jangan terlalu 'berat'. Makanan berlemak kayak gorengan gitu baiknya dihindari karena bisa memicu mual dan muntah," kata dr Marlyn saat berbincang dengan HaiBunda.

Jangan juga terlalu banyak nyuapin si kecil ya Bun. Soalnya, perut yang kebangetan kenyang bakal bikin perut anak begah, nggak nyaman dalam perjalanan, dan akhirnya memicu mual muntah deh. Nggak cuma itu, ternyata posisi duduk juga ikut nentuin risiko anak mabuk di perjalanan lho. Makanya, posisi duduk anak di kendaraan juga perlu diperhatiin nih Bun.

Ilustrasi cegah anak mabuk perjalanan saat mudikIlustrasi cegah anak mabuk perjalanan saat mudik/ Foto: dok. HaiBunda


Jadi, menurut dr Marlyn kalau naik mobil pribadi sebisa mungkin dudukkan anak di bangku depan atau tengah. Kalau duduk di belakang, banyaknya barang bisa bikin anak engap dan kekurangan oksigen, plus goncangan yang berasa banget lebih rentan bikin anak mabuk. Selama di perjalanan, minta anak untuk memandang ke depan ya Bun. Jangan sering-sering melihat ke samping untuk mencegah dia mabuk.

dr Marlyn bilang, kadang kan ada ya anak yang excited banget ngelihat sekelilingnya. Tapi, kalau keseringan nengok ke samping terus pas banget mobil lagi ngebut, pergerakan situasi di luar mobil jadi kelihatan cepet banget. Misalnya, pohon dan orang lalu lalang di luar sana bergeraknya bakal kelihatan cepat banget dan itu bisa bikin anak pusing. Jadi, kalau Bunda mau cegah anak mabuk di perjalanan, perhatiin terus si kecil biar nggak keseringan ngelihat ke samping ya Bun.

"Kalau di pesawat, untuk mencegah mabuk perjalanan, kalau bisa pilih posisi duduk di tengah atau area dekat sayap karena space di depannya kan lebih lowong ya. Meski memang, mabuk perjalanan itu paling sering dialamin anak yang umurnya di atas 2 tahun. Kalau di bawah 2 tahun, mereka umumnya lebih banyak tidur," kata dr Marlyn yang sehari-hari juga praktik di Omni Hospitals Alam Sutera ini.

Selama perjalanan, Bunda jangan lengah merhatiin kondisi anak ya. Karena, kalau anak udah mulai berkeringat dingin, pucat, terus yang awalnya aktif nan ceria tapi tiba-tiba mukanya pucat atau diam aja, jangan-jangan si kecil mabuk perjalanan tuh Bun. Terlebih, kalau anak tiba-tiba muntah, wah kemungkinan besar si kecil mabuk perjalanan nih.

Ilustrasi cegah anak mabuk perjalanan saat mudikIlustrasi cegah anak mabuk perjalanan saat mudik/ Foto: dok. HaiBunda


Kalau di keluarga saya nih Bun, ada anak yang ibaratnya dari bayi udah sering diajak naik mobil tapi ada juga yang jarang diajak pergi naik mobil. Nah, orang-orang di keluarga saya nge-klaim kalau anak yang dari kecil udah sering diajak naik mobil, pasti nggak akan mabukan deh. Benar nggak ya?

Terbiasa diajak pergi naik kendaraan, kalau menurut dr Marlyn emang ngefek sih sama gampang-nggaknya anak mabuk di perjalanan. Bukan soal apa-apa sih Bun. Cuma, kalau anak udah biasa diajak pergi naik kendaraan, dia bisa tahu apa nih perintah yang biasa dikasih bunda-nya untuk mencegah dia mabuk.

Kalau dari sisi Bunda, sering ngajak anak pergi naik kendaraan bisa bikin Bunda tahu seluk-beluk anak kalau diajak pergi nih. Misalnya, kalau ayah terlalu ngebut nyetirnya, anak lebih gampang mabuk. Terus, anak mesti duduk di tengah nih untuk cegah dia mabuk. Atau, kalau mau pergi jauh si kecil nggak boleh kenyang-kenyang karena nanti dia malah gampang muntah.

Jadi, itu ya Bun beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah anak mabuk di perjalanan. Eh iya, Bunda sendiri punya nggak nih trik-trik sebelum bepergian biar anak nggak mabuk, termasuk pas mudik? Yuk Bun berbagi tips di kolom komentar. Siapa tahu tips Bunda bisa bermanfaat untuk Bunda-bunda yang lain. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi