sign up SIGN UP search


moms-life

Ini Lho Bun yang Bisa Bikin Mbak ART Nggak Akan Ninggalin Kita

Nurvita Indarini   |   Haibunda Selasa, 27 Jun 2017 17:49 WIB
Mbak ART, tolong kembali lagi setelah mudik ya.... caption
Jakarta - Masalah klise di saat Lebaran adalah si mbak asisten rumah tangga (ART) yang mudik ke kampung halaman tapi nggak balik lagi ke rumah kita. Tapi ada juga lho Bun mbak ART yang setia dan awet bekerja. Apa resepnya?

Kalau menurut teman saya yang mbak ART-nya sudah bekerja lebih dari 10 tahun di rumahnya, resep untuk membuat si mbak ART betah adalah dengan menjadikannya sebagai bagian dari keluarga sendiri. Iya, jadi si mbaknya ini kalau mau makan ya makan bareng sama keluarga teman saya.

"Apa yang saya makan ya dimakan juga sama mbaknya. Piringnya nggak disendiri-sendirikan, makannya bareng di meja makan. Sudah seperti keluarga sendirilah,"ujar teman saya.


Lalu kalau teman saya sedang belanja bulanan, si mbak juga bukan petugas pembawa keranjang belanja saja. Kebutuhannya juga turut diperhatikan teman saya ini.

Apa yang disampaikan teman saya ini, sejalan dengan kacamata psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani M.Psi., Psikolog. Kata dia, memperlakukan ART dengan baik seperti memperhatikan kebutuhannya dan keluarganya akan membuat ART merasa diterima sebagai bagian keluarga.

"Jika sudah merasa menjadi bagian dari keluarga kita tentunya dia pun akan sulit meninggalkan kita," kata perempuan yang akrab disapa Wita ini.

Meski begitu, sedekat apapun dengan mbak ART, kita juga tidak bisa egois menahannya berlama-lama bekerja di rumah kita. Iya, karena bagaimanapun si mbak ART punya keluarga sendiri kan. Terus kadang ada hal-hal tak terduga yang membuat dia harus tinggal sama keluarganya, sehingga nggak lagi kerja di rumah kita. Untuk alasan ini, kita perlu legowo, Bun.

"Kita tentunya perlu memahami hal tersebut agar siap kapanpun jika ada peristiwa yang membuatnya tidak bisa kembali lagi," sambung Wita.

Oh iya, soal cara bikin si mbak ART betah, teman saya lainnya punya trik dengan meningkatkan gaji tiap habis Lebaran. Jadi sebelum si mbak ART mudik udah dikasih tahu tuh Bun, kalau gajinya bulan depan akan naik. Siapa sih yang nggak happy kalau gajinya mau naik?

Bunda punya tips apa lagi nih buat bikin si mbak ART akan kembali kerja di rumah kita dan nggak terlintas di pikirannya untuk pergi meninggalkan kita? Yuk share di kolom komentar, Bun.

(Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!