moms-life

Saat Pengasuh Nggak Balik dan si Kecil Harus Dibawa ke Kantor

Nurvita Indarini Kamis, 13 Jul 2017 07:56 WIB
Saat Pengasuh Nggak Balik dan si Kecil Harus Dibawa ke Kantor
Jakarta - Bagi para ibu bekerja, mbak pengasuh yang nggak kembali bekerja setelah libur Lebaran jadi masalah klise yang bikin puyeng. Karena si kecil nggak ada yang menjaga, alhasil dibawalah ke kantor. Pernah punya masalah serupa Bun?

Saat anak dibawa ke kantor, sisi positifnya adalah anak jadi tahu aktivitas bundanya saat di kantor. Anak bisa kenal dengan orang-orang baru, tahu juga pekerjaan bundanya seperti apa.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah kantor bukanlah playground. Artinya anak nggak ada tempat main. Karena itu psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, mengingatkan Bunda untuk memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan anak di kantor.


"Yang paling gampang itu ngasih kertas sama pulpen atau pensil warna jadi anak mewarnai melulu. Anak bisa jadi bosen dan nggak happy. Atau yang gampang lagi adalah ngasih komputer ke anak," tutur Ratih waktu ngobrol sama HaiBunda.

Kata Ratih, kalau memungkinkan, lebih baik bunda dan ayah mengambil cuti secara bergantian. Sehingga anak nggak perlu dibawa ke kantor, sembari mencari alternatif lain yang bisa bikin anak senang.

"Dampak bagi anak secara langsung belum pernah baca penelitiannya. Tapi kalau kita lihat bahwa kantor bukanlah lingkungan anak-anak, maka kalau mau main mesti pelan-pelan. Belum lagi kita nggak enak juga sama teman-teman yang lain kan kalau anak kita berisik. Yang seperti ini pasti juga lama-lama ada pengaruhnya ke anak," imbuh Ratih.

Alternatif lain mungkin bisa mencari pengasuh baru atau menitipkan anak di kerabat yang bisa dipercaya. Atau pilihan lainnya adalah bisa dengan menitipkan anak ke daycare.

Bagaimana dengan Bunda, pernah punya pengalaman membawa anak ke kantor? Lalu apa persiapan yang Bunda lakukan saat membawa anak ke kantor? Yuk berbagi pengalaman di kolom komentar, Bun. (Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi