sign up SIGN UP search


moms-life

Pernah Nggak Bun, Bingung karena Lupa Minum Pil KB?

Nurvita Indarini   |   Haibunda Senin, 31 Jul 2017 07:56 WIB
Lupa minum pil KB mungkin bikin Bunda bingung ya? Lalu sebaiknya gimana ya kalau kelupaan minum? caption
Jakarta - Jadwal minum pil KB biasanya jam 12 siang. Tapi kalau hari ini kelupaan minum pil KB, terus gimana ya? Lalu kalau lupa minum sampai tiga hari, gimana juga ya?

Kata Product Manager Kontrasepsi Andalan, Norina Veronica, penggunaan pil KB memang perlu kedisiplinan. Jadi kalau misalnya kita lupa minum pil KB lebih dari 12 jam, ketika sudah ingat, maka baiknya ketika ingat langsung diminum. Setelah itu, lanjutkan minum sesuai jadwalnya.

"Kalau ingat langsung minum. Kemudian di jam yang seharusnya minum, langsung saja minum," kata Norina beberapa waktu lalu di kegiatan Unite for Education 'Homeland' di Bintaro Echange Park, Bintaro.


Sedangkan kalau lupa berhari-hari, sampai lebih dari 3 hari, sebaiknya di-stop dulu sementara. Nah, selanjutnya dimulai di bulan berikutnya, di hari pertama menstruasi.

"Saat di-stop itu, bisa menggunakan alat kontrasepsi lainnya dulu sementara," imbuh Norina.

Terkait penggunaan pil KB, benar nggak sih bisa bikin para bunda jerawatan dan berat badannya meningkat? Kalau kata Norina, itu mitos belaka, Bun.

"Meski nggak pakai pil KB, bisa saja meningkat berat badannya kalau pola makannya nggak dijaga," imbuhnya.

Ya, pertambahan berat badan sebenarnya bukan dipengaruhi efek pil KB tetapi bagaimana usia termasuk di dalamnya efek hormon alami di tubuh, pengaturan makan dan pengaturan gaya hidup.

Sementara itu, dari berbagai testimoni pengguna pil KB, justru jerawatnya berkurang dan kulitnya menjadi lebih bersih. Efek samping dominan akibat penggunaan pil KB sendiri, kata Norina, tidak ada. Beberapa ibu mungkin mengeluhkan pusing atau mual, tapi itu tergantung kondisi masing-masing.

"Kalau sedang nggak fit, pusing mungkin bisa," tambahnya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!