Sign Up search


moms-life

Mitos Seks: Pil KB Membuat Mood Wanita Buruk untuk Bercinta

Asri Ediyati Kamis, 13 Feb 2020 22:37 WIB
Mitos Seks: Pil KB Membuat Mood Wanita Buruk untuk Bercinta caption
Jakarta - Sebagian orang mencurigai pil KB membuat mood wanita buruk untuk bercinta. Mungkin ada yang berpikir alasan pil KB bikin rusak mood itu masuk akal karena alat kontrasepsi tersebut mengubah kadar hormon wanita. Sementara itu hormon juga memengaruhi hasrat seksual kita.

Apakah itu benar? Ternyata itu mitos dan salah besar. Konsumsi pil KB tidak berpengaruh pada dorongan seksual wanita, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine.


Sementara itu, sebuah studi terpisah yang dilakukan oleh Indiana University. Peneliti menemukan bahwa pria dan wanita melaporkan lebih banyak kenikmatan seksual ketika menggunakan kontrasepsi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sexual Health itu, mulai menjawab pertanyaan tentang metode kontrasepsi dan seksualitas perempuan. Selain pil KB, para periset juga meneliti metode kontrasepsi lainnya yaitu kondom.


"Komunitas kesehatan masyarakat kurang memperhatikan pengalaman seksual wanita dengan metode kontrasepsi, terutama kondom," kata Stephaine Sanders, associate director The Kinsey Institute dan salah satu penulis penelitian.

ilustrasi pasangan suami istriilustrasi pasangan suami istri/ Foto: iStock

"Jika wanita berpikir kondom mengurangi kenikmatan seksual, mereka mungkin kurang cenderung menggunakannya secara konsisten," sambungnya.

Temuan penelitian itu menunjukkan hanya 4 persen wanita yang mengandalkan metode kontrasepsi hormonal melaporkan penurunan kenikmatan, tetapi pengguna hormonal melaporkan skor kepuasan seksual keseluruhan terendah.

"Sementara 23 persen wanita yang menggunakan kondom dan metode hormonal melaporkan penurunan kenikmatan, mereka memiliki skor kepuasan seksual tertinggi," tulis Science Daily.

Wanita yang menggunakan kondom atau metode hormonal enam sampai tujuh kali lebih mungkin melaporkan penurunan kenikmatan seksual dibandingkan dengan mereka yang menggunakan metode hormonal saja. Jadi pil KB bisa bikin mood wanita hancur saat inginĀ bercinta itu salah ya, Bunda.



Simak juga video tentang makanan yang baik untuk penis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi