sign up SIGN UP search


moms-life

Asal Cocok, Ada 5 Manfaat yang Bisa Bunda Dapat Saat Pakai Pil KB

Annisa Karnesyia Selasa, 26 Mar 2019 08:09 WIB
Pil KB bisa mendatangkan 5 manfaat bagi Bunda. Namun, sebelumnya pastikan Bunsa cocok memakainya ya. caption
Jakarta - Banyak mitos yang beredar tentang penggunaan pil KB. Salah satunya kalau wanita pakai pil KB, bisa berdampak buruk pada kesehatan. Bunda sendiri pernah mendengar mitos semacam itu?

Padahal kunci utama penggunaan pil KB adalah soal kecocokan dan kondisi kesehatan si penggunanya, Bun. Demikian disampaikan dr.Tirsa Verani, Sp.OG, dokter kebidanan dan kandungan dari Rumah sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta.

"Kalau mau lihat cocok atau tidak minum pil KB, harus dicoba dan dicek kondisi kesehatan dulu. Sebaiknya pemilihan pil KB disesuaikan dengan konsisi seorang wanita," ujar Tirsa dalam Talkshow #AktifTanpaAnemia bersama DKT Indonesia, di Hotel Royal tulip Gunung Geulis, Bogor, baru-baru ini.



Tirsa menambahkan, ketidakcocokan wanita menggunakan pil KB bisa disebabkan banyak hal, salah satunya perubahan hormon dan gaya hidup. Tapi, jika kondisi tubuh Bunda jadi terasa tidak fit setelah menggunakan pil KB, segera konsultasikan ke dokter ya.

"Kita lebih tahu kondisi tubuh sendiri. Jadi ketika ada efek setelah minum pil KB segera ke dokter, mungkin memang kita tidak cocok dan harus mencari metode baru lainnya," kata

Disampaikan Tirsa, ketika Bunda memakai pil KB sebagai alat kontrasepsi, ada 4 manfaat yang didapat yaitu:

1. Alat kontrasepsi yang cukup efektif

Kata Tirsa, pil KB adalah jenis kontrasepsi jangka pendek yang efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap hari, pada jam yang sama.

"Pil KB memiliki tingkat kegagalan kurang dari 1 persen," tegasnya.

2. Bisa jadi pereda nyeri

Karena penggunaannya diminum saat hari pertama haid, beberapa dokter terkadang meresepkan pil KB untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis.

3. Mengurangi risiko kanker ovarium

Sebuah riset yang dilakukan oleh Lisa Iversen dalam British Medical Journal tahun 2018 menyatakan, penggunaan pil KB yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21 persen.

4. Jadi pengurang jerawat

"Bila cocok, penggunaan pil KB justru mampu mengurangi jerawat di wajah karena hormon di dalam tubuh jadi seimbang," tambah Tirsa

5. Beberapa jenis bisa bantu cegah anemia

Saat ini, beberapa jenis pil KB memiliki kandungan lain seperti zat besi. Seperti kita tahu, zat besi berguna untuk mengurangi risiko anemia pada wanita.

Nah, minum pil KB aman kok, Bun. Asalkan sebelum menggunakannya, Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter ya.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!