mom-life

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 15 Aug 2017 10:43 WIB
<i>Quality Time</i> Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget
Jakarta - Biarpun ibu bekerja, namanya urusan rumah tangga kayak menyetrika sama bersih-bersih rumah tetap harus kita handle ya, Bun. Cuma, kadang kala waktu untuk menyelesaikan itu cuma ada di akhir pekan. Padahal, lagi pengen punya quality time sama keluarga.

Ini dia yang dilakukan seorang bunda satu anak bernama Yanti (32) untuk mendapat quality time sama keluarganya. Sehari-hari, sebelum berangkat mengajar, Yanti selalu menyempatkan diri buat masak, nyiapin makanan untuk anaknya yang umur 7 bulan, serta nyapu ngepel. Sementara, tugas mencuci diambil alih suaminya. Tapi, kalau udah urusan nyetrika, jangan tanya. Umumnya Yanti cuma punya waktu di akhir pekan.

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa BangetQuality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget /Foto: Radian Nyi S



Ya, setiap hari dia harus berangkat mengajar jam 06.30 WIB dan baru sampai lagi di rumah jam 17.00 WIB. Kesibukan mengurus si kecil ditambah beberapa perintilan pekerjaan rumah lainnya, Yanti pun nggak sempat nyetrika. Apalagi kalau ada tugas dari sekolah yang mesti dia selesaikan.

Baca juga: Dian Sastrowardoyo Manfaatkan Olahraga untuk 'Quality Time' Bersama Suami

"Nyetrika itu kan butuh waktu lebih lama daripada nyuci, menyita waktu lebih kalau dilakukan di hari kerja. Makanya, bisa dikatakan hampir nggak memungkinkan kalau saya nyetrika di hari kerja," kata Yanti waktu ngobrol sama HaiBunda.

Alhasil, di hari libur tumpukan baju yang harus disetrika pun banyak. Tapi, sebagai seorang wanita yang bekerja sekaligus seorang istri dan ibu, di hari libur Yanti pengennya punya quality time sama keluarganya. Karena menurut dia, quality time berharga banget. Setuju nggak, Bun?

Untuk itu, Yanti memutuskan pakai jasa layanan bersih-bersih online lewat aplikasi smartphone-nya untuk menyetrika dan membersihkan kompor. Soalnya, setelah masak biasanya Yanti juga jarang punya waktu buat bersihin kompor. Alhasil biasanya kompornya pun dibersihkan ala kadarnya aja.

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa BangetQuality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget /Foto: Radian Nyi S


Dalam aplikasi jasa bersih-bersih online, ada pilihan kita mau minta petugas dengan alat (with tools) atau tanpa alat (no tools). Biaya dengan alat Rp 45 ribu dan yang tanpa alat Rp 35 ribu. Terus, ada pilihan ruangan mana yang mau dibersihkan, yaitu kamar mandi (bathroom), kamar tidur (bedroom) dan ruangan lain (other room).

Ada opsi lainnya juga di mana layanan dilakukan selama 30 menit yaitu menyetrika (ironing and folding), cuci piring (dish washing), dan membersihkan kabinet (cabinet), kulkas (fridge), kompor (stove) atau kitchen set. Buat Yanti sendiri, demi mendapat quality time sama keluarga, kenapa sih memilih pakai jasa layanan bersih-bersih online?

"Karena orangnya udah terlatih, tepat waktu pula. Hasilnya juga menurut saya sangat memuaskan. Terus lebih tenang ya, misalkan ada masalah apa sama petugas ini, kita kan bisa laporan ke perusahaan yang memang sudah punya identitas si cleanernya ini ya," kata Yanti.

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa BangetQuality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget/ Foto: Radian Nyi S


Baca juga: Survei: Keluarga Kehilangan 'Quality Time' Gara-gara Orang Tua Ingin 'Eksis'

Untuk menyetrika dan membersihkan kompor, Yanti meng-order jasa bersih-bersih rumah untuk dua jam. Nah, waktu dua jam itu dimanfaatin Yanti nih untuk quality time-an sama keluarganya. Misalkan, Yanti bisa nyuapin anaknya, setelah itu pergi ke pasar untuk beli bahan masakan selama beberapa hari ke depan.

Dengan bisa pergi ke pasar, di hari itu Yanti juga bisa masak menu favorit keluarganya deh. Soalnya, kalau hari kerja Yanti biasanya masak menu yang waktu masaknya cepat. Yang terpenting, selama mbak-mbak cleaner mengambil alih tugas nyetrika pakaian, Yanti bisa quality time-an sama anak dan suaminya.

"Saya jadi punya waktu ngobrol sama suami dan anak lebih banyak. Ya, punya quality time sama keluarga sayalah. Kalau saya nyetrika, saya nggak bisa dong fokus ke mereka, fokus saya pasti ke cucian kan, ha ha ha," katanya.

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa BangetQuality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget /Foto: Radian Nyi S


Untuk layanan bersih-bersih selama dua jam dengan peralatan yang dibawa si petugas, Yanti mengeluarkan tarif Rp 90 ribu. "Biayanya cukup masuk akal dan layanannya pun memuaskan," ujarnya.

Untuk itu, besok-besok selain jasa menyetrika, Yanti mau coba jasa bersih-bersih kabinet sama kamar mandi nih. Soalnya, karena isi kabinet di rumahnya banyak, Yanti nggak punya waktu membersihkan plus merapikan kabinet. Selain itu, Yanti bilang kalau cleaner yang membersihkan dan membereskan kabinetnya, bisa ada suasana baru karena kan si cleaner yang menata ulang kabinet itu.

Kalau pilihan membersihkan kamar mandi, apa sih alasannya? "Hasil membersihkan kompor bersih banget. Dengan adanya peralatan dari cleaner-nya, saya pikir kamar mandi saya hasilnya bisa sama kayak kompor ya, bersih dan memuaskan," kata Yanti.

Memang ya, kadang kesibukan dan capek yang dirasa bisa bikin kita kehilangan quality time sama keluarga. Tapi, kalau memang ada cara yang memungkinkan dilakukan supaya pekerjaan rumah beres dan kita tetap dapat quality time sama keluarga, kenapa nggak?

Baca juga: Trik Fachri Albar Punya Quality Time dengan Anak Meski Sibuk

*) Artikel ini merupakan kerja sama antara HaiBunda dengan GO-JEK

Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa BangetQuality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget/ Foto: Radian Nyi S
(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi