moms-life

Ayah, Yuk Gunakan Dada Bidangmu untuk Tenangkan si Bayi

Nurvita Indarini Minggu, 15 Oct 2017 20:15 WIB
Ayah, Yuk Gunakan Dada Bidangmu untuk Tenangkan si Bayi
Jakarta - Saat bayi sedang rewel, nggak harus selalu butuh sentuhan bunda, lho. Ayah juga bisa ikut berperan lho, menenangkan si kecil. Caranya, bisa dengan menggunakan dada bidang ayah.

"Kalau bayi sedang kolik, nangis, tantrum, coba digendong ayah dan disenandungkan. Anak bisa jadi lebih tenang," ujar dr Wiyarni Pambudi, Spa, IBCLC, dalam talkshow yang digelar Festival bunda Happy bersama Vivo di MVG-LG Floor, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Minggu (15/10/2017).

Menurut beberapa penelitian yang dibaca dr Wi, panggilan akrabnya, saat diletakkan di dada ayah, resonansinya lebih kuat. Ini membuat anak yang semula rewel jadi cenderung lebih tenang.


"Soalnya dada ayah nggak ada gumpalan lemaknya, seperti dada ibu yang ada 'gunungnya'. Ayo ayah, gunakan dadamu yang bidang untuk menenangkan bayi," sambung dr Wi.

Baca juga: Jangan Khawatir, Bayi ASI Lebih Sering Rewel Itu Wajar

Turut menenangkan si bayi saat rewel menunjukkan kalau ayah sudah memberikan dukungan pada sang istri, apalagi kalau istrinya masih menyusui si kecil. Coba bayangkan kalau kita sebagai bunda sudah menyusui si kecil, lalu saat rewel juga selalu kita yang menangkan si kecil, semua keperluan bayi dan rumah tangga kita sendiri yang melakukan. Bisa dibayangkan betapa lelahnya ya, Bun.

Apalagi bagi bayi-bayi yang baru lahir, sering kali bangun di tengah malam kan? Kalau kita selalu yang menenangkan tanpa dukungan dari suami, hiks sedih banget pastinya ya.

Padahal kalau suami siaga membantu, kita bisa happy, dan dampaknya pada air susu ibu (ASI) yang akan lebih lancar. Kalau ASI lancar, anak kenyang dan senang, kita sekeluarga juga pasti senang.

"Ayah bisa jadi bodyguard para istri. Jangan sampai ada yang menghalangi pemberian ASI," imbuh dr Wi.

Baca juga: Bisa Dicoba Nih Bun, Cara Unik untuk Tenangkan Bayi Rewel

Jadi kita harus ingat nih, bahwa bukan hanya ibu, tapi ayah juga menyusui. Iya, sih bukan dengan memberikan langsung payudaranya ke si kecil, karena pasti nggak akan keluar ASI-nya. Tapi dengan mendukung pemberian ASI untuk si kecil tercinta.

"Bisa berikan support pada ibu. Kalau ibu kelihatan capek, dipijit. Kanan kiri ruas tulang belakang itu titik oksitosin. Kita nggak nyampai kalau mau memijatnya. Suami bisa bantu, nih. Dipijit sebadan-badan malah lebih bagus," tambah dr Wi. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi