mom-life

Cara Sederhana Nadia Mulya Quality Time Bareng Keluarga

Amelia Sewaka Rabu, 08 Nov 2017 17:00 WIB
Cara Sederhana Nadia Mulya Quality Time Bareng Keluarga
Jakarta - Sebagai presenter sekaligus penulis dan seorang ibu, waktu Nadia Mulya cukup padat. Tapi, demi tetap punya quality time bareng keluarga, Nadia punya cara sederhana yang dia lakukan nih, Bun.

"Yang paling aku senang adalah kalau weekend, entah Sabtu atau Minggu dan aku nggak ada Insert pagi atau siang kita sekeluarga bangun siang di tempat tidur," ungkap Nadia Mulya yang ditemui di acara CT Arsa Fun Run, di Lapangan Sunburst BSD Tanggerang Selatan, baru-baru ini.

Tahu nggak, Bun, apalagi yang bikin makin sempurna quality time Nadia Mulya dan keluarganya? Sekali dalam sebulan, Nadia rutin memasak mi instan untuk keluarganya di hari libur.


"Kalau anak-anak udah tanya,'Mama syuting nggak besok? Bolehkah kita makan mi?'. Wah ya udah kode itu. Habis itu aku langsung ke bawah dan masakin mi untuk 4 orang karena yang satu kan masih kecil jadi nggak dulu. Mi-nya ada empat rasa dan kita makan di tempat tidur sambil nonton tv bareng deh," papar ibu 3 anak ini.



Menurut Nadia, makan mie instan di atas kasur sambil nonton televisi bareng suami dan anak bisa jadi quality time yang sempurna buatnya. Seru ya, Bun. Dari segi waktu, Nadia menjelaskan, anak-anaknya nggak pernah protes dengan waktunya yang padat. Kata Nadia, beruntung anak-anaknya nggak pernah ngeluh atau protes soal waktu. Soalnya, dari kecil anak-anak Nadia sudah ikut bundanya kerja.

"Kayak anak yang ketiga nih, Delmar. Sejak 2 minggu aku kerja setelah melahirkan, udah ikut. Tapi sampai anak-anak umur satu tahun kadang mereka nggak mau diajak dan lebih milih main di rumah entah sama kucing atau anak seumuran lain dekat rumah, jadi aku tenang juga sih ninggalin juga," papar Nadia.

Nadia juga mengatakan, ia nggak pernah putus komunikasi sekalipun sedang bekerja lho, Bun. Caranya, si kecil yang nyamperin Nadia ke tempat kerjanya atau yang paling gampang, video call-an, deh.

"Selama anak tahu apa yang aku kerjakan, mereka baik-baik aja sih," imbuh Nadia.

Bicara quality time keluarga, psikolog Wikan Putri Larasati MPsi, dari Biro Psikologi Castra Tangerang mengatakan orang tua perlu memahami bahwa tujuan dari quality time adalah mempererat hubungan atau keterikatan emosional dengan anak.

Karena itu, jangan sampai ada momen atau pertanyaan-pertanyaan yang 'merusak' di saat quality time ini ya, apalagi quality time yang paling sederhana adalah ketika makan bareng keluarga

"Karena itu, pertanyaan yang diajukan oleh orang tua seharusnya adalah pertanyaan-pertanyaan yang menggali aspek emosi atau perasaan anak, dan bukan sekadar pertanyaan yang menyasar soal rutinitas dan fakta saja," papar Wikan dikutip dari detikHealth.

Kalau Bunda, biasanya ngapain aja sama keluarga untuk quality time? Boleh lho dibagi di kolom komentar.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi