mom-life

Nge-date Sama Suami, Kenapa Nggak?

Nurvita Indarini Minggu, 12 Nov 2017 15:01 WIB
Nge-date Sama Suami, Kenapa Nggak?
Jakarta - Sibuk mengurus keluarga kadang bikin kita nggak berpikir perlunya berduaan sama suami. Iya, mungkin kita terlalu lelah untuk keluar rumah berdua saja dengan suami. Atau nih, meskipun sudah keluar sama suami, tetap kepikiran anak-anak di rumah.

Karena terlalu lelah dan khawatir akhirnya rencana nge-date alias berkencan sama suami pun hanya sebatas angan-angan belaka. Disadari atau tidak, kadang kegiatan ini cukup punya manfaat lho, Bun.

Seperti dituturkan sahabat HaiBunda, Arninta Puspitasari, dia dan suaminya menyempatkan untuk nge-date sebagai bentuk quality time bersama pasangan. Buat dia san suaminya, nge-date cukup dilakukan sebulan sekali.




"Sebenarnya sumiku itu paling nggak bisa pergi kalau nggak sama anak-anak. Tapi kalau kita pergi sama anak-anak, pasti yang diurusin anak-anak kan, jadi quality time berdua sama pasangan nggak dapat," tutur perempuan yang akrab disapa Ninta ini saat ngobrol dengan HaiBunda.

Lalu biasanya apa yang dilakukan saat nge-date sama suami? Kata Ninta, mereka melakukan hal-hal yang biasa dilakukan saat pacaran dulu. Misalnya nih, sekadar makan berdua di luar, nonton film, atau nonton konser.

"Ternyata kita butuh rehat sejenak untuk menikmati jadi diri sendiri, bukan jadi orang tua. Jadi pas balik, kita jadi orang yang menyenangkan, jadi orang tua yang menyenangkan. Kita juga harus bisa senang-senang, dan kita sendiri yang tahu bagaimana caranya," tutur ibu dua anak ini.

Biasanya nih, saat pulang nge-date sama suami, anak-anak Ninta akan menunggu di rumah alias baru mau tidur setelah ada orang tuanya. Karena itu, Ninta dan suami nggak akan pulang sampai larut malam juga.



Sebenarnya Ninta juga belum lama ini menjalani nge-date sama suami. Baru sekitar 6-7 bulan terakhir. Kegiatan ini biasanya dilakukan di malam hari di hari-hari kerja.

"Kita nggak mau (nge-date) di Sabtu atau Minggu, karena itu kan waktunya keluarga. Kalau Sabtu Minggu kita lebih milih ke kegiatan yang ada aktivitas anaknya," imbuh Ninta.

Psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani atau Wita, beberapa waktu lalu pernah mengatakan quality time berdua sama suami itu penting banget. Karena di saat berduaan saja seperti ini, kita punya waktu untuk ngobrol dari hati ke hati sama pasangan. Pastinya itu bisa berdampak positif kan buat hubungan kita.

Kalau Bunda biasanya apa yang dilakukan untuk quality time bareng suami? (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi