mom-life

Bagi Widi Mulia, Anak adalah 'Sekolah' untuk Belajar Jadi Ibu, Setuju Bun?

Asri Ediyati Jumat, 22 Dec 2017 19:11 WIB
Bagi Widi Mulia, Anak adalah 'Sekolah' untuk Belajar Jadi Ibu, Setuju Bun?
Jakarta - Meskipun lahir dari rahim yang sama, anak yang satu tentu berbeda dengan anak lainnya. Itu makanya orang tua perlu terus selalu belajar, apalagi ibu.

Bagi penyanyi Widi Mulia, kalau ingat Hari Ibu, dirinya langsung mengingat-ingat kembali, apa yang sudah dipelajari dari anaknya. Baginya, anak adalah sekolah untuk belajar menjadi seorang ibu. Sebaliknya pula, dirinya adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Dari anak, orang tua juga belajar tentang berbagai pola asuh. Itu makanya tiap keluarga punya pola asuh yang berbeda. Dari pola asuh ini, karakter anak bisa ditumbuhkan. Widi Mulia dan sang suami, Dwi Sasono, pun nggak segan untuk terus melihat perilaku anak dan menerapkan pola asuh yang cocok.


"Saat ingin mendidik anak, kita harus tahu kita ini mau jadi orang tua macam apa. Lalu, bagaimana kita bersikap kepada semua orang. Karena mereka akan tahu bagaimana ibunya bersikap pada orang lain. Apakah ibunya berkelakuan baik atau nggak," tutur Widi saat ditemui usai suatu acara, di bilangan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Widi mengaku tiap anaknya melakukan hal yang dianggap salah, pada akhirnya ia sadar sendiri dan kembali berkaca. Mungkin sebelumnya perilaku Widi salah sehingga ditiru oleh anak-anaknya.

"Besoknya, aku kayak 'oh ya harus diubah nih' lalu aku bilang ke mereka, 'Yang aku lakukan tuh salah kemarin. Kemarin tuh aku kesal banget jadi marah. Maaf ya,'" ucap ibu dari Dru, Widuri dan Den Bagus ini.

Kalau ngomong soal pola asuh yang tepat buat anak, ini nggak ada 'resep' pastinya kayak apa. Demikian disampaikan psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau yang akrab disapa Anas.

"Tapi, pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif. Kita perlu sensitif sama kebutuhan anak nih. Misalnya untuk anak 0-18 bulan, mereka lagi membentuk kepercayaan sama lingkungan. Misalnya dia nangis, langsung kita respons, berarti kan ada yang memperhatikan," kata Anas waktu ngobrol bareng HaiBunda.

Dalam bertindak sensitif akan kebutuhan anak, kayak saat makan atau mandi, kata Anas kita juga perlu lho memasukkan unsur kehangatan dan kasih sayang. Nah, pola asuh yang ideal adalah yang responsif pada kebutuhan anak.
Oh iya, di momen Hari Ibu ini, haibunda.com ingin memberikan persembahan #untukbunda di mana, kami akan mewujudkan keinginan bunda yang terpilih. Yuk, ikuti kegiatannya, Bun. (aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi