mom-life

Bisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai Kepribadian

Melly Febrida Minggu, 08 Apr 2018 16:00 WIB
Bisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai Kepribadian
Jakarta - Saya sering ngiri kalau lihat rumah orang lain bisa tertata rapi. Soalnya di rumah saya, baru aja rapi sebentar eh udah berantakan lagi. Hmm, ini memang udah biasa, Bun, mengingat saya punya tiga anak yang bisa dibilang masih kecil-kecil. Soal beres-beres rumah ini ternyata bisa lho disesuaikan dengan kepribadian kita.

Jadi, kalau mau menata rumah bisa sebelumnya kita sesuaikan dengan apa kepribadian kita. Menurut sebuah buku dari profesional Katie dan Kelly McMenamin, 'Organize Your Way' setiap orang bisa mengorganisir barang miliknya tapi kepribadian yang berbeda yang menentukan strategi beres-beres apa yang diperlukan tiap individu.

Setelah 30 tahun mengamati klien mereka, kedua bersaudara ini membagi tipe kepribadian atau 'tipe pixie' jadi empat yakni klasik, menyenangkan, organik, dan cerdas. Klasik itu tipe yang super terorganisir, fun lebih baik dalam improvisasi, smart lebih efisien pada tenggat waktu, dan organis bekerja secara visual. Kata mereka, Bun, sebelum kita mulai beres-beres rumah kenali dulu tipe kepribadian kita karena itu kuncinya. Setelah itu, kita bisa mengembangkan strategi beberes yang sesuai, daripada kita memaksakan diri harus melakukan ini itu. Demikian seperti dilansir Dailymail.


Empat Tipe Kepribadian Terkait Beres-beres Rumah

1. Klasik pixie: tradisional dan terorganisir

Klasik pixie sering disalah sangka dengan OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Bunda dengan tipe ini cenderung merasa paling benar ketika menyelesaikan sesuatu, senang mengatur, dan mencoba untuk membuat aktivitas mengatur rumah menjadi k3egiatan rutin dan terstruktur dalam hidup. Bunda dengan tipe kepribadian ini sulit untuk lebih santai dan bersenang-senang, terutama jika membiarkan sesuatu yang belum selesai dikerjakan.

Karakteristik

Kepribadian ini antara lain suka hal-hal yang teratur dan rapi, detail dan berorientasi pada jadwal, melakukan sesuatu dengan rutin dan terstruktur, suka kalau ada daftar agenda secara fisik dan hobi membuat paperwork.



Tips Beres-beres Rumah

Letakkan pakaian yang dibersihkan dalam daftar tugas dan tandai dalam kalender untuk setahun sekali. Meskipun Bunda stres berhadapan dengan kekacauan, Bunda juga tipe kepribadian yang paling mungkin untuk menyimpan barang-barang yang cenderung nggak diperlukan. Kalau ada pakaian tergeletak, Bunda cenderung menggantungnya di mana saja.

Bunda adalah satu-satunya orang yang menaruh sepatu di wadahnya. Kalau wadah sepatu dirasa nggak cukup, sepatu yang ada bakal disortir. Karena sesuatu yang nggak rapi mengganggu banget, lebih baik taruh lemari obat di kamar mandir. Letakkan barang di area terbuka cuma untuk dekorasi.

Untuk menyimpan mainan anak, sediakan satu tempat dan ruangan khusus. Kalau mau menyimpan barang kesayangan, baiknya secara terpisah misalnya di gudang. Taruh alat rumah tangga yang kecil di laci khusus. Karena senang dengan kerapian, dapur pun baiknya punya banyak rak dan laci. Untuk tempat sampah karena senang dengan hal yang rapi baiknya taruh di bawah wastafel.

2. Fun pixie: petualang tapi praktis

Bunda dengan kepribadian fun pixie ibarat pengrajin, senang belajar langsung, pemecah masalah dengan cara yang kreatif dan kadang jadi pelanggar aturan. Nggak masalah kalau gagal karena bisa mencobanya lagi. Orang dengan kepribadian ini juga lebih fleksibel dengan waktu dan jago berimprovisasi.



Karakteristik

Orang dengan kepribadian ini menyenangkan, tertib dan orientasinya detail, fleksibel, enggan menunda apa yang bisa dikerjakan, dan mengandalkan kebiasaan dibanding kegiatan rutin.

Bisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai KepribadianBisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai Kepribadian /Foto: Thinkstock


Tips Beres-beres Rumah

Kalau ada barang yang nggak kepakai simpan aja di tempat khusus, Bun. Soalnya orang dengan tipe ini cenderung nggak suka menjual barang yang udah nggak kepakai. Disarankan atur aksesoris sesuai warna dan kode. Untuk peralatan yang pentin taruh di satu tas khusus supaya gampang mengambilnya.

Untuk menaruh kebutuhan dapur, susun berdasar tanggal kedaluwarsa. Disarankan untuk punya satu laci atau lemari besar tertutup untuk menaruh barang. Jadi walaupun agak berantakan nggak masalah, Bun. Kalau beres-beres lemari bikin pusing, coba deh minta bantuan orang lain.

3. Pixie organik: idealistis dan kreatif

Orang dengan tipe ini senang membantu orang. Bunda adalah orang yang idealis dan menempatkan kemajuan pribadi serta hubungan dengan keluarga di atas segalanya. Bunda sering merasa sendirian saat melakukan sesuatu tapi ketika berhasil mencapainya, akan ada kepuasan tersendiri.

Karakteristik

Tipe kepribadian pixie organik adalah suka hal-hal di tempat terbuka, punya memori yang lebih visual, tidak selalu berorientasi pada detail, lebih suka penjadwalan tetap dan perencanaan awal, cenderung menumpuk barang dan lebih suka daftar to-do fisik.

Bisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai KepribadianBisa Dicoba, Bun, Tips Beres-beres Rumah Sesuai Kepribadian /Foto: Thinkstock


Tips Beres-beres Rumah

Satukan dokumen di baki khusus dan di area atas misalnya atas lemari. Disarankan tiap tahun bersih-bersih rumah dan singkirkan barang yang nggak kepakai. Tipe kepribadian ini mungkin hobi mengumpulkan buku, foto, dan ornamen. Usahakan cari rak yang tinggi bahkan full dari lantai ke langit-langit untuk menyimpannya.

Untuk menyimpan pakaian coba digantung ya, Bun. Kalau mau membuang sesuatu tapi terasa nggak tega, coba taruh di kantong plastik dan pojokkan selama seminggu. Setelah itu, biasanya kita nggak akan tertarik dengan barang itu karena tipe kepribadian organik cenderung mengingat sesuatu yang dia lihat.

4. Smart pixie: inventif dan pintar

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung analitis dan termotivasi serta menetapkan standar tinggi untuk semua orang, termasuk diri sendiri. Bundalah yang selalu terakhir mengerjakan sesuatu. Bunda juga termasuk pemimpin yang cerdas, penasaran, dan pemecah masalah yang rumit.

Karakteristik

Smart pixie adalah orang yang cerdas, gampang mengingat sesuatu yang dilihat, sebal dengan rutinitas membosankan, nggak menunda menyelesaikan pekerjaan, lebih menyukai penjadwalan fleksibel atau janji yang berulang, dan cenderung menumpuk barang.

Tips Beres-beres Rumah

Untuk menaruh tas baiknya digantung dan letakkan dompet atau kunci di wadah tersendiri. Coba deh pakai wadah yang bagus dan menarik. Hindari mencampur fungsi ruang tamu dan ruang keluarga. Ide yang bagus buat tipe kepribadian ini menjadikan mainan anak sebagai pajangan.

Karena tipe kepribadian ini agak selebor, ingatkan diri untuk langsung menaruh sepatu di raknya. Taruh banyak kait di rumah supaya lebih mudah menggantung segala barang-barang. Ya, karena orang dengan kepribadian ini cenderung ceroboh dalam meletakkan sesuatu. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi