mom-life

Saat Terganggu Bau Kaki Suami, Cara Ini Bisa Mengatasinya

Melly Febrida Jumat, 11 May 2018 09:05 WIB
Saat Terganggu Bau Kaki Suami, Cara Ini Bisa Mengatasinya
Jakarta - Jangan sampai kita ilfeel sama suami gara-gara kakinya yang bau. Biasanya nih, kaki jadi lebih bau kalau pakai sepatu tanpa kaus kaki.

Aroma kaki yang bau pastinya mengganggu ya, Bun. Bukan hanya kita saja yang dibikin mual, orang lain juga. Orang yang berkaus kaki saja masih bisa berbau apalagi tak berkaus kaki.

Kaki berbau menyengat itu karena bakteri di kaki. Kata dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali kepada detikHealth, kulit kaki yang berkeringat saat memakai sepatu akan menimbulkan bau yang tak sedap kalau terlalu lama. Tetapi baunya sendiri kadang susah hilang Bun, meski kaki sudah dikeringkan.



"Jangan pakai sepatu lama-lama," saran dr Laksmi.



Kalau sang suami mengalami bau kaki yang nggak sedap, ada beberapa trik mengatasinya, Bun, seperti dilansir Health:

1. Cuci Kaki Sampai Bersih

Bakteri di kaki terus bertambah banyak. Jadi untuk memerangi bau yang memalukan, suami perlu mencuci kaki sampai ke telapak kaki, jangan lupa juga sabuni sela antara jari kaki.

Selanjutnya bilas dan ketika keluar kamar mandi, pastikan kaki sudah kering. Sebelum memakai sepatu, kita bisa mengingatkan suami agar kakinya benar-benar kering. Kalau perlu kita bisa pakai pengering rambut untuk mengeringkannya.

2. Jangan Pakai Sepatu yang Sama Berturut-turut

Kalau kaki pak suami bau, coba deh, Bun, perhatikan kebiasaan dia memakai sepatu. Apakah si suami memakai sepatunya yang itu-itu saja? Soalnya memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut bisa bikin sepatu jadi bau.

Memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut tidak memberikan waktu agar sepatu benar-benar kering dari pemakaian di hari sebelumnya. Mulai sekarang, cobalah memutar koleksi sepatu di rumah agar nggak setiap hari kita dan suami memakai sepatu yang sama.

3. Pakai Bedak

Kalau kaki cenderung berkeringat, tidak peduli seperti apa cuaca di luar, pencegahan adalah kuncinya. Bunda bisa menaburkan bedak di kaki sebelum memakai sepatu. Cara ini bisa membuat kaki (dan sepatu) tetap kering sepanjang hari.

4. Baking Soda + Penyaring Kopi

Baking soda punya banyak fungsi di rumah, Bun. Misalnya dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengisi filter kopi yang tidak digunakan dengan baking soda. Kemudian cobalah lekatkan di ujungnya dengan plester, staples, atau karet gelang. Tempatkan penyaring kopi isi baking soda di setiap sepatu di penghujung hari dan baking soda akan bekerja semalaman menghilangkan bau.

5. Kantong yang Bisa Ditutup + Freezer

Letakkan sepatu ke dalam kantung besar yang dapat ditutup, setelah itu letakkan di dalam freezer semalaman, Bun. Suhu yang dingin bisa menyingkirkan bakteri dan membuat sepatu bebas dari bau tak sedap.



6. Pasir Kucing

Kotoran kucing saja bisa terserap kelembapan dan baunya kalau pakai pasir kucing. Ini bisa juga kita coba pada sepatu.

Kita bisa menggunakan stoking atau kaus kaki bekas dan isi dengan pasir kucing. Setelah itu ikat dengan karet gelang dan letakkan di dalam sepatu pada malam hari. Cara ini bisa menyerap bau menyengat dan kelembapan yang tersisa.

7. Alkohol + Botol Semprot

Isi botol semprot dengan alkohol dan semprot sepatu. Alkohol akan membunuh bakteri. Tapi pastikan saja agar sepatu nggak kebasahan ya, Bun. Semprotan tipis sudah cukup untuk mengatasi bakteri, sehingga saat memakai sepatu kaki nggak akan bau.

8. Arang

Kita semua tahu kekuatan utama arang untuk kecantikan, tetapi arang juga bisa membantu menghilangkan bau pada sepatu. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi