mom-life

Tips Kembalikan Keintiman dengan Suami Setelah Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 24 Jun 2018 16:00 WIB
Tips Kembalikan Keintiman dengan Suami Setelah Melahirkan
Jakarta -
Berbagai keluhan bisa dialami ibu setelah melahirkan, termasuk yang terkait hubungan dengan suami. Salah satunya keintiman bersama suami yang nggak seperti dulu. Bunda pernah mengalaminya?

Salah satu sahabat HaiBunda, Tasya bercerita kalau di awal-awal dirinya punya anak, keintiman dengan sang suami nggak seperti dulu lagi. Apalagi untuk urusan hubungan intim, Bun, ada perbedaan jauh yang dialami Tasya.

"Apalagi kalau saya udah capek, bawaannya udah males. Belum lagi kalau ada keluhan misalnya bekas jahitan nyeri, makin males deh. Untuk urusan perubahan tubuh ada sih sedikit kekhawatiran kan badanku udah nggak kayak dulu. Untungnya suami nggak terlalu mempermasalahkan itu," kata Tasya.


Soal keintiman dengan suami, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Inez Kristanti, bilang untuk mengembalikan keintiman pasca istri melahirkan kita perlu berani membicarakan tentang seks dengan pasangan. Dengan begini kita juga bisa mendengar ide apa yang dimiliki pasangan untuk membuat kehidupan seks jadi lebih hidup.

"Lalu pertahankan kedekatan fisik. Walau udah punya anak kita tetap tertarik secara fisik dengan pasangan misalnya pegangan tangan, ada sentuhan, belaian," kata Inez.

Kalau memungkinkan, buat rencana kencan singkat dengan pasangan di malam hari. Buatlah pasangan merasa kita masih memikirkannya dan menginginkan kedekatan fisik, Bun.

Soal hubungan seks, Inez bilang kadang ekspektasi suami istri adalah kehidupan seks sama seperti saat belum punya anak. Tapi nggak bisa dipungkiri bahwa ada sesuatu yang berbeda. Nah, Inez bilang itu bisa disiasati dengan bereksperimen dan bereksplorasi ketika berhubungan intim, Bun.

Senam kegel juga bisa dilakukan, Bun, untuk membantu mengembalikan kekencangan otot vagina. Inez menambahkan beberapa minggu setelah kelahiran bayi, ibu bisa mulai kembali merawat tubuh dan menjaga penampilan. Misalnya dengan berolahraga, ke salon, atau memakai profil perawatan tubuh.
(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi