moms-life

3 Manfaat Utama Yoga bagi Ibu Bekerja

Asri Ediyati & Asri Ediyati Jumat, 28 Sep 2018 17:03 WIB
3 Manfaat Utama Yoga bagi Ibu Bekerja
Jakarta - Setiap orang memiliki beban pekerjaan yang berbeda dan nggak bisa disama ratakan. Terlebih seorang ibu bekerja, yang juga mengurus anak di rumah. Manfaat yoga bisa untuk menghilangkan beban pikiran dan stres fisik.

Menurut guru yoga Indonesia, Deera Dewi, yoga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Berikut tiga manfaat utama yoga bagi ibu bekerja.

1. Menjadi Lebih Tenang


Untuk ibu bekerja, menurut Deera, yoga bermanfaat untuk lebih tenang. Pulang kantor jika melihat sesuatu yang berantakan bikin nggak tenang. Belum lagi ditambah pikiran kerjaan dan ngurus anak di rumah. Yoga merupakan salah satu solusi agar ibu bekerja menjadi lebih rileks.

2. Terbiasa dengan Tekanan

Terkadang ada lemburan yang perlu dibawa ke rumah, sementara anak minta perhatian dari ibunya. Hal itu seringkali menjadi tekanan batin bagi seorang ibu.

"Dengan melakukan yoga, ibu jadi terbiasa dengan tekanan. Jadi bagaimana cara ibu untuk nggak takut menghadapi stres," ujar Deera Dewi saat ditemui di bilangan SCBD, Jakarta, baru-baru ini.

3. Nggak Mudah Sakit

Yoga sama saja seperti olahraga lain yang membuat tubuh menjadi fit dan nggak gampang sakit.

"Ibu bekerja kebanyakan sakit di bagian atas tubuh, gendong anak, bawa tas besar. Kemudian di kantor banyak kerjaan, duduk di kursi dengan posisi badan melengkung. Hal itu membuat oksigen terhambat di area bahu dan pundak. Makanya kan sakit kepala, karena semakin kurang oksigen di tubuh semakin stres," kata Deera.

Gerakan-gerakan yoga mampu mengeluarkan ketegangan akibat ada simpul-simpul yang nyangkut, mengeluarkan dengan stretching. Bahkan yang migrain atau sakit kepala dengan yoga bisa terbantu.

3 Manfaat Utama Yoga bagi Ibu Bekerja3 Manfaat Utama Yoga bagi Ibu Bekerja/ Foto: Thinkstock


"Yoga 'is a way of life', ilmu dasar yoga sendiri memiliki pedoman yang mengajarkan bagaimana kita melatih napas untuk bisa konsentrasi memahami diri sendiri, sampai bagaimana bisa bersikap baik terhadap orang lain dan lingkungan," jelas Dira kepada detikcom.

Jadi yoga bukan hanya kegiatan yang hanya bisa dilakukan di atas matras atau di studio. Yoga bisa dilakukan di mana saja, Bun. (aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi