moms-life

5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Amelia Sewaka Sabtu, 10 Nov 2018 11:09 WIB
5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur
Jakarta - Makan bareng keluarga adalah momen tepat untuk Ayah Bunda berkumpul bersama anak-anak, serta salah satu cara quality time paling mudah. Tapi, momen ini bisa rusak kalau ada bau tak sedap yang menyeruak dari dapur. Pastinya bikin selera makan hilang ya, Bun.

Nah, untuk itu Ayah Bunda penting banget nih membersihkan atau memeriksa area dapur secara berkala. Dengan begitu, kita jadi tahu sumber bau tak sedap tersebut dari mana dan bisa menyingkirkannya. Misal, bisa saja bau tersebut muncul dari wastafel yang tak dibersihkan secara tepat, asap bekas masakan, atau tempat sampah yang ternyata tak tertutup rapat.

Nggak mau kan, momen makan bersama keluarga jadi berantakan karena bau nggak enak yang muncul tiba-tiba dari area dapur? Yuk, simak bersama cara sederhana untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur, seperti dikutip dari Good Housekeeping. Selamat mencoba Bunda.




1. Hilangkan bau asap bekas masak
5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Tak Sedap di DapurFoto: iStock
Bunda habis memanggang ikan atau ayam lalu baunya belum hilang? Atau memasak sambal yang baunya bikin kita bersin? Nah, cara ini mungkin bisa dicoba.

Campurkan 3 sendok makan cuka putih dengan 1 cangkir air ke panci, kemudian didihkan selama beberapa menit. Biarkan asap dari campuran air dan cuka ini menyeruak untuk menetralkan udara di dapur. Cuka yang bersifat asam, akan mudah menetralkan segala macam bau masakan yang ada di area dapur.

2. 'Merawat' tempat sampah

Sampah adalah sisa makanan atau apapun yang sudah tak terpakai dan mungkin luput dari perhatian kita. Tapi, kalau tak diperhatikan, bau sampah juga bisa bikin bete lho. Terutama kalau kita lagi makan.

Tak perlu menunggu lama, saat mulai mencium bau tak enak dari tempat sampah, segera kosongkan tempat sampah, lalu gunakan kain lap atau handuk basah untuk menyeka kotoran yang ada di dalam atau sisi tempat sampah. Semprotkan bagian dalam dan luar tempat sampah dengan semprotan disinfektan dan biarkan mengering.

Bersihkan tempat sampah sebisa mungkin rutin seminggu sekali. Jadi kotoran tak menumpuk dan tak makin bau.

3. Rutin bersihkan alat dapur
5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Tak Sedap di DapurFoto: iStock
Tak hanya piring, gelas, sendok, garpu yang perlu dicuci. Rak piring atau tempat yang mewadahi berbagai alat makan atau masak jangan sampai luput dari perhatian karena bau tak sedap bisa juga berasal dari sini.

Bersihkan rak piring dengan lap atau handuk basah, lalu diamkan beberapa saat baru kembalikan alat makan ke rak. Namun, kalau rak piring Bunda berbentuk lemari, biarkan terbuka sebentar, baru masukkan piring dan lainnya ke dalam rak.

Sedangkan untuk lemari es atau freezer, buang semua sisa makanan yang bisa meninggalkan bau tak sedap di kulkas. Kemudian, buang es yang menempel dalam freezer karena bisa menimbulkan bau tak sedap. Setelah lemari es dibersihkan, masukkan baking soda kira-kira 1/4 sendok makan ke plastik, ikat dan biarkan ada di lemari es hingga tiga bulan untuk menjaga lemari es tetap segar.



4. Bersihkan wastafel

Jangan salah, sisa makanan yang tersangkut di pipa dalam wastafel juga bisa menimbulkan bau tak sedap lho, Bun. Nah, untuk menghilangkan bau tak sedap dari wastafel kita bisa taburkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam pipa wastafel sambil menuang air panas.

5. Pencegahan bau
5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Tak Sedap di DapurFoto: Istock
Sebelum muncul bau tak sedap di area dapur , kita bisa kok melakukan pencegahan. Caranya, taburkan garam di oven yang baru dipakai agar lebih mudah dibersihkan dan meminimalisir bau tak sedap. Bisa juga dengan mencampur cuka dengan es batu, biarkan melebur jadi satu lalu buang ke wastafel.

Cara pencegahan lain, selipkan serabut kayu di tempat sampah. Atau, buat campuran dari ekstrak tumbuhan dan taruh di sudut-sudut dapur.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi