mom-life

Soal Didik Anak, Enda 'Ungu': Sesuaikan dengan Zamannya

Amelia Sewaka Sabtu, 02 Mar 2019 08:03 WIB
Soal Didik Anak, Enda 'Ungu': Sesuaikan dengan Zamannya
Jakarta - Bukan hal yang mudah menjaga anak saat punya karier gemilang. Ditambah, jika anak terkena masalah perundungan atau dibully. Hal ini pula yang dialami Enda 'Ungu'.

Pernah suatu kali, putri pertamanya, Zara Leola, dibully di medsos. Zara pun membicarakan hal itu ke sang ayah. Bersyukurnya Enda, anak perempuannya tidak membalas perundungan tersebut dan sadar kalau orang-orang yang membully hanyalah orang yang iri.

"Bersyukurnya saya, Zara ngerti orang-orang seperti itu tak perlu diladeni atau dibalas. Saya berpegang teguh bahwa zaman dulu Rasul pernah berkata, didiklah anakmu sesuai zamannya. Karena kita hidup di bumi sekarang, ya kita pun harus mendidik anak-anak kita sesuai dengan keadaan sekarang," tutur Enda 'Ungu' saat ngobrol dengan HaiBunda.


Enda mencontohkan soal gadget. Zaman sekarang siapa sih anak yang tak punya HP? Sulit rasanya melarang anak untuk punya HP tapi di pergaulan sehari-hari teman-teman anak kita pegang HP.


Soal Didik Anak, Enda 'Ungu': Sesuaikan dengan Zamannya Foto: Istimewa
"Ya serba salah sih, kasihan juga. Kalau mau menghindari bully di medsos, sampai anak enggak punya HP tapi teman-temannya di sekolah pegang HP? Kita analogikan ke zaman dulu, di mana anak-anak disuruh latihan memanah dan berkuda. Ya, karena pada zaman tersebut penting orang bisa memanah dan berkuda untuk melindungi diri, apa itu berlaku untuk didikan ke anak kita zaman sekarang? Enggak kan," ungkap ayah tiga anak ini.

Dirasa Enda 'Ungu', sebenarnya hidup itu mudah dijalani. Melihat Enda yang santai dan punya pikiran tersebut, tak sedikit yang bertanya bagaimana seorang Enda 'Ungu' mengurus ketiga buah hatinya.

"Saya mendidik anak secara islam, yaitu dengan islam yang diajarkan bapak saya. Saya juga rajin baca, hidup itu gampang seperti ungkapan ajarilah anakmu seperti Rasul mengajarkan anaknya. Sesimpel itu, alhamdulillah hasilnya sesuai harapan. Akan lebih ketahuan kualitasnya ketika kita ngobrol sama anak," tutur Enda 'Ungu'.

Kita memang enggak bisa membandingkan kehidupan anak-anak sekarang dengan zaman kita kecil dulu ya, Bun. Karena itu, rasanya kurang bijak kalau orang tua sering bilang ke anak, 'Kamu sekarang enak, ke mana-mana pencet handphone aja ojek sudah datang, zaman bunda dulu harus jalan jauh biar bisa naik angkot ke sekolah' dengan nada nyinyir untuk menyindir.




"Menjadi orang tua zaman sekarang memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya dengan pengaruh teknologi media digital yang semakin pesat, membuat orang tua sering kali khawatir kebingungan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dalam mengasuh dan mendidik anak," ujar Nyi Mas Diane Wulansari, S.Psi, penulis buku Didiklah Anak Sesuai Zamannya.

Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, smartphone begitu mudah didapat. Anak-anak pun sudah akrab banget dengan smartphone. Saking menariknya, bahkan smartphone bisa bikin kecanduan.

"Didiklah anak sesuai dengan zamannya, ketika zaman berubah tantangannya pun berubah," tambah Nyi Mas.

Menurut Bunda, gimana? Setuju enggak sih didikan anak harus sesuai dengan zamannya? Yuk, share di kolom komentar ya Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi