mom-life

Intip Kekompakan Ringgo dan Sabai Urus Anak

Asri Ediyati Kamis, 22 Nov 2018 19:40 WIB
Intip Kekompakan Ringgo dan Sabai Urus Anak
Jakarta - Beda kepala beda pula pemikirannya. Seperti pola asuh yang diterapkan setiap orang tua pada anaknya. Terutama saat mereka harus mengasuh anak untuk pertama kalinya.

Seperti yang dilakukan aktor sekaligus presenter, Ringgo Agus Rahman dan istrinya, Sabai Dieter Morscheck. Pasangan ini kompak mengasuh anak pertamanya, Bjorka Dieter Morscheck, tanpa bantuan baby sitter.

Diakui Ringgo, mereka tak pernah berhenti belajar untuk jadi orang tua yang baik bagi Bjorka. Apalagi mereka belum berpengalaman sebagai orang tua sebelumnya.


"Saya tuh hanyalah bapak-bapak yang tipikal dan istri saya juga ibu-ibu tipikal. Kita nggak ada keistimewaan apa-apa. Kita masih bingung gimana menangani anak kita," kata Ringgo saat ngobrol dengan HaiBunda.

Menurutnya, keberhasilan mendidik anak baru bisa dinilai setelah anak dewasa. Untuk saat ini, Ringgo dan istrinya memilih untuk terus belajar dan menikmati prosesnya sebagai orang tua.

"Kadang kita bingung cara membesarkan anak benar atau nggak. Mungkin cara kita nggak benar, saya juga bukan orang tua yang ingin dicontoh juga. Tapi cara kita ya buat anak kita sendiri, kita punya kebijakan sendiri," ujar Ringgo.

Melihat gaya parenting yang cukup menyenangkan, membuat pemain film Jomblo ini kerap ditanya mengenai ilmu pengasuhan anak. Ternyata, Ringgo dan Sabai belajar parenting dengan membaca banyak buku lho, Bun.


"Tapi kalau misalnya sengotot itu (teori parenting), kita nggak bakal melakukannya. Kadang ada hal yang nggak sesuai dengan teorinya, kalau secara teori mungkin gampang sekali dilakukan. Oh cara kayak gini, nggak langsung berhasil harus ada proses. Dan itu yang kita lagi pelajari," tutur Ringgo.
Foto: Dok. Instagram/ringgoagus

Sampai sejauh ini, keduanya masih terus mencari pola asuh yang sesuai. Meski masih sering mengalami kebingungan, namun mereka tetap menikmati prosesnya. Bunda, mengalami hal yang sama seperti Ringgo juga nggak nih? Saat merasa bingung mengambil keputusan, ada beberapa faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bersama pasangan.

Pertama, lihat temperamen anak. Apakah si kecil tipe easy child, slow to warm up, atau difficult. Seperti dikatakan psikolog anak Anastasia Satriyo, MPsi, si easy child cenderung mudah beradaptasi dan punya pola tidur dan makan teratur. Berbeda dengan anak slow to warm up yang butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dan membuat rutinitas.

Sedangkan tipe temperamen difficult, butuh waktu lebih lama beradaptasi dan sulit punya pola tidur dan makan yang teratur.

"Dalam menerapkan pola asuh, kita juga mesti lihat usia anak. Kayak anak tantrum. Kalau umurnya 2,5 tahun dia memang belum bisa kontrol emosi. Tapi kalau udah 4 dan 5 tahun kita lihat kenapa kok dia begini. Beda kan perlakuannya," kata Anas.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi