moms-life

Cerita Sara Djojohadikusumo Miliki Anak dengan Down Syndrome

Zika Zakiya Sabtu, 02 Feb 2019 14:04 WIB
Cerita Sara Djojohadikusumo Miliki Anak dengan Down Syndrome
Jakarta - Nama Sara Djojohadikusumo mungkin sering Bunda dengar sebagai salah satu politikus dan anggota DPR. Tapi ternyata tidak banyak yang tahu jika perempuan bernama asli Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo ini memiliki anak dengan down syndrome.

"Anak saya yang paling kecil usia 16 bulan, sebentar lagi 17 bulan. Dia berkebutuhan khusus, anak dengan down syndrome (sindrom down)," ujar Sara Djojohadikusumo saat berkunjung ke markas Detik Network, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan di akhir Januari 2019.


Sara diketahui menikah dengan Harwendro Adityo Dewanto pada Agustus 2014 silam. Dari buah cinta keduanya, lahir dua putra ganteng.


Khusus untuk si bungsu yang berkebutuhan khusus, tak berkurang sedikit pun rasa sayang Sara padanya. Malah Sara jadi belajar banyak hal terutama soal proses pencernaan yang berbeda pada anak dengan down syndrome.

Sara DjojohadikusumoSara Djojohadikusumo Foto: Dok. Sara Djojohadikusumo


"Untuk anak saya yang berkebutuhuan khusus, dia memang masih sangat sulit (makan). Bukan karena dia tidak suka, tapi karena proses pencernaan untuk dia bisa menelan masih membutuhkan proses yang berbeda," cerita Sara.

Dikatakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Widya Dwi Astuti, Sp.OG, down syndrome merupakan kelainan yang disebabkan oleh hadirnya kromosom 21 rangkap tiga atau disebut trisomi 21.


"Kehamilan dengan janin down syndrome tidak menunjukkan gejala khusus pada ibu hamil, tapi bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan USG," ujar dr Widya seperti dilansir detikcom.

Fakta lain dari penyandang down syndrome adalah sejatinya ini bukan penyakit. Melainkan adanya perubahan fitur pada tubuh yang merupakan hasil dari kelainan di trisomi 21.

Ilustrasi anak dengan Down SyndromeIlustrasi anak dengan Down Syndrome Foto: iStock

Dikutip dari Medical News Today, pengidap down syndrome memiliki ciri fisik yang hampir mirip. Yaitu mata yang memiliki miring ke atas, bintik putih pada iris, leher pendek, pangkal hidung yang datar, lidah yang menonjol.

Bukan hanya Sara Djojohadikusumo yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Mantan artis FTV, Joanna Alexandra, juga mempunyai anak bungsu dengan penyakit langka, Campomelic dysplasia. Penyanyi lawas, Dewi Yull, bahkan memiliki lebih dari satu anak yang tuna wicara.

Semua perempuan hebat di atas memiliki satu kesamaan lain: kasih sayang sepanjang masa. Tidak sedikit pun mereka menutupi kekurangan anak hanya untuk terlihat 'sempurna'. Tidak juga mereka membuat anak-anak 'harus normal'. Melainkan tetap mencintai mereka sepenuh hati dan apa adanya.

Semangat terus ya, Bunda Sara!

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi