mom-life

Cerita Tantangan Sandra Dewi Saat Putranya Diberi MPASI

Yuni Ayu Amida Minggu, 03 Feb 2019 11:59 WIB
Cerita Tantangan Sandra Dewi Saat Putranya Diberi MPASI
Jakarta - Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi memang nggak mudah ya, Bun. Seperti artis Sandra Dewi yang mengakui, saat memberi MPASI adalah tantangan terbesar dibanding masa kehamilan dan menyusi.

"Di antara tiga itu, paling susah ya MPASI karena tiap hari saya mesti mikir, menunya apa. Kalau untuk anak kan kita mesti masak sendiri. Itu tantangannya, udah masak menu enak, tapi dia belum tentu suka," ujar Sandra Dewi dalam acara diskusi bertajuk 'Mudah Jadi Millennial Mums yang Peduli Nutrisi' di Tokopedia Tower, Ciputra World 2, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).


Ibu dari Raphael Moeis ini pun bercerita bahwa terkadang anaknya suka moody saat akan makan. Walaupun masih bayi, kata Sandra, Raphael juga sudah tahu rasa. Dan ketika itu terjadi, Sandra memiliki cara unik mengatasinya.


"Saya sih berusaha, saya panggil Neni, asisten saya, supir, untuk entertain anak saya untuk mau makan kalau lagi moody. Tapi kalau emang nggak mau banget, ya nggak dipaksa juga," tutur wanita 35 tahun ini.

Sandra kemudian bercerita, Raphael kini mulai makan menu makanan keluarga karena usianya sudah 12 bulan. Selain itu, kebiasaan makan bersama pun sudah diterapkan. Menurut Sandra, ini salah satu cara juga agar anaknya mau makan.

"Nah, sekarang teknik terbaru saya itu, makan bareng. Jadi setiap kali saya makan, saya lihat dia pengen makan juga. Jadi saya biasakan makan bareng," terang wanita yang memiliki darah Tionghoa ini.

Meskipun merasa MPASI penuh tantangan, wanita yang diberi gelar ratu iklan ini percaya bahwa seorang ibu pasti bisa memahami anaknya dan tahu makanan kesukaannya. Tetapi, Sandra sedikit menyayangkan satu hal saat hamil dulu, dia lebih sering makan daging dari pada ikan, yang akhirnya menurun pada Raphael sekarang.

"Tapi, sekarang saya udah ngajarin dia kalau makan ikan itu juga enak. Jadi, ternyata dalam kandungan, anak itu sudah merekam semuanya," tutur Sandra Dewi.

Apa yang dialami Sandra Dewi ini dibenarkan Spesialis Gizi Klinis dr Diana F. Suganda, M.Kes., Sp.GK. Menurut Diana, ketika tiba waktunya memberi MPASI, Bunda pasti mulai pusing terutama dalam menentukan menu. Karena saat MPASI itu, Bunda mulai mengenalkan berbagai jenis makanan pada anak.


"Mengenalkan berbagai jenis makanan, perhatikan teksturnya, jumlahnya, frekuensi makannya. Yang sudah pernah bikin MPASI pasti pusing, besok menu apa ya, seberapa banyak ya," tutur Diana.

Diana kemudian menjelaskan, saat mulai memberi MPASI tidak boleh semena-mena. Ada 4 syaratnya, yaitu tepat waktu, tidak boleh lebih cepat atau lebih lambat, gizi harus seimbang, tepat cara pemberiannya, dan bersih cara menyajikannya. (yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi