moms-life

Bunda Tak Menerapkan Diet? No Problem, Asal...

Asri Ediyati Sabtu, 02 Feb 2019 15:02 WIB
Bunda Tak Menerapkan Diet? No Problem, Asal...
Jakarta - Seringkali orang menjalankan diet atas dasar stres yang dibuat sendiri. Nggak percaya diri dengan bentuk badan dan akhirnya memilih mengurangi makan. Soal ini, Holistic Health Coach Gwen Winarno mengajak kita semua untuk mengubah kata 'diet' menjadi pola makan yang sehat, Bun.

Kata Gwen, pastikan semuanya dilakukan dengan menyenangkan. Mungkin kita melihat orang yang kelihatan nutrisinya udah baik tapi sering sakit-sakitan. Hal itu karena bisa jadi ada aspek lain yang mengganggu.

"Kalau buat saya, ingin mengajak semua orang untuk mengubah kata diet menjadi pola makan yang sehat. Kita konsumsi makanan yang bernutrisi, konsumsi makanan yang sesungguhnya," ujar Gwen dalam acara WRP & Shopee '3 Steps to Reach Your Body Goals' di Kantor Shopee Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2019).


Menurut Gwen, kita sendiri yang memiliki andil besar atas kontrol konsumsi makanan. Jangan melarang-larang diri untuk menghindari makanan yang sebenarnya membuat diri ini happy ya, Bun.

"Misal makan ayam bakar pakai sambal, pakai nasi juga boleh cuma yang harus diperhatikan adalah komposisi makanannya, dilihat minyaknya, garamnya, kalau pakai nasi, nasinya apa," tutur Gwen.

Bunda Tak Menerapkan Diet? No Problem, Asal...Bunda Tak Menerapkan Diet? No Problem, Asal.../ Foto: shutterstock


Selain pola makan, jangan lupa bikin meal plan, rencana makan ke depan. Gwen bilang, itu aktivitas yang seru, Bun. Kita merancang makanan yang sehat dan bergizi.

"Untuk masakannya, sebenarnya tergantung masing-masing kebutuhan, misalnya masak macaroni schotel, hari ini saya nggak pakai daging. Setelah macaroni schotel, bisa juga nanti side dish-nya buah-buahan, ada banyak ide kreatif yang bisa dikulik," kata Gwen.

Soal masak-memasak, disebutkan Gwen alangkah baiknya kita belajar masak sendiri, Bun. Jadi kita juga belajar mencintai masakan sendiri dan tahu apa asupan yang dikonsumsi.

"Masak itu me time buat perempuan, begitu sudah memasak jangan anggap memasak adalah hal yang menjadi paksaan. Misalnya kita masak pakai musik, bakar minyak essential, bikin se-enjoy mungkin. Pola pikirnya diubah, what we doing actually brings benefit," sambungnya.

Jadi, selain menerapkan pola makan sehat, coba tanya lagi ke diri sendiri, 'Apakah kita menikmati aktivitas yang dilakukan dan apakah pola pikir kita sudah sehat?'. Hmm, kalau Bunda gimana?

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi