moms-life

5 Tips Kecantikan agar Bunda Tetap Glowing Saat Hamil

Kamis, 21 Feb 2019 16:31 WIB
5 Tips Kecantikan agar Bunda Tetap Glowing Saat Hamil
Jakarta - Siapa bilang Bunda yang sedang hamil bakal terlihat jelek? Studi dari American Pregnancy menunjukkan Bunda yang sedang mengandung akan terlihat glowing berkat perubahan dan pertambahan hormon.

Belum ada penjelasan spesifik mengenai kondisi kulit nampak lebih cerah saat hamil. Namun, sejumlah penelitian menyebut hal ini ada kaitannya dengan beberapa perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan.

Dilansir situs resmi American Pregnancy Association, banyak dari perubahan kulit disebabkan oleh masuknya hormon. Hormon-hormon ini menyebabkan kelenjar di kulit Bunda menghasilkan lebih banyak minyak sehingga membuat wajah lebih berkilau.




Tapi ingat Bunda, kulit bersinar dan wajah segar ini juga harus dibantu lewat beberapa hal yang kita lakukan sendiri. Lima tips kecantikan berikut misalnya, bisa membantu Bunda nampak cantik dan bersinar saat sedang hamil.

1. Konsumsi vitamin dan asupan mengandung omega-3

Bunda bisa mulai mengasup makanan yang mengandung omega-3 macam kacang, ikan, dan telur. Dikutip dari Parenting First Cry, kandungan omega-3 di dalamnya bisa membantu kulit Bunda jadi makin halus dan padat.

Padukan juga dengan sayur, buah, dan cokelat. Ketiga jenis panganan ini mengandung vitamin A, C, dan E untuk melawan kulit berkerut serta membuat nampak awet muda.

2. Minum air putih

Air adalah cairan paling penting yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Coba lihat deh bedanya saat Bunda rajin minum air putih. Bila Bunda malas minum air putih, kulit akan kering.

3. Cegah stretch marks

Dikatakan dermatolog, Dendy Engelman, M.D, stretch marks terjadi karena tubuh yang melar lebih cepat dibanding pertumbuhan kulit itu sendiri. Mereka yang terkena stretch marks biasanya juga karena pengaruh genetika.

"Jika ibu dan nenek Anda punya stretch marks, maka kemungkinan Anda juga akan memilikinya," kata Engelman seperti dilansir Parents.

Ilustrasi ibu hamil tetap glowingIlustrasi ibu hamil tetap glowing/ Foto: iStock
Meski demikian, Bunda bisa melakukan langkah pencegahan munculnya stretch marks. Engelman menyarankan agar Bunda rajin mengoleskan pelembap yang aman untuk ibu hamil dan rajin minum air putih. Tujuannya adalah membuat kulit tetap lentur.

"Semakin lentur kulit Anda, semakin kecil kemungkinan stretch marks akan muncul," ujar Engelman.

4. Buang semua kosmetik beracun

Dikatakan dr.Liva Wijaya Sp.OG dari RS Mitra Kemayoran, ibu hamil harus pintar memilih bahan-bahan kosmetik yang aman untuk bayi di dalam kandungan. Sebab, salah-salah memilih, kulit Bunda bisa rusak dan janin bisa cacat.

"Pembuluh darah di muka itu lumayan banyak. Jadi saat ada zat yang terpapar ke kulit wajah, masuk ke pembuluh, maka bisa berpengaruh ke janin," kata Liva dalam perbincangan dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.

"Janin yang terpapar kandungan kosmetik oplosan bisa mengalami degradasi mental di mana saat lahir nanti akan mengalami kemunduran intelektual. Atau bahkan kecacatan organ, kelainan bentuk mata, hingga kelainan bentuk kaki dan tangan," tambah Liva.



5. Tidur cukup

Oke, bisa dipahami kadang ibu hamil susah tidur karena bangun berkali-kali untuk buang air kecil atau memang sudah enggak nyaman untuk berbaring terlalu lama. Ini menyebabkan Bunda punya kantung mata dan terlihat pucat.

Untuk mengakalinya, Bunda bisa mulai membuat semua waktu tidur berkualitas dengan menggunakan bantal khusus hamil. Dan, jangan lupa menggunakan masker mata guna menghindari mata panda.

[Gambas:Video 20detik]

Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi