mom-life

Penyebab Pernikahan Hanya 'Seumur Jagung'

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 26 Feb 2019 17:07 WIB
Penyebab Pernikahan Hanya 'Seumur Jagung'
Jakarta - Semua pasangan suami istri pastinya ingin pernikahannya langgeng dan awet sampai maut memisahkan ya, Bun. Namun, karena beberapa sebab,bukan enggak mungkin pernikahan hanya berlangsung kilat atau istilahnya cuma seumur jagung.

Ya, baru beberapa bulan bahkan hitungan minggu menikah, pasangan akhirnya memutuskan bercerai. Menurut terapis dan penulis Finding Love Again: 6 Simple Steps to a New and Happy Relationship, Terri Orbuch, banyak pernikahan berumur pendek dimulai karena pasangan menganggap segalanya berubah menjadi lebih baik begitu mereka menikah.

"Mereka berpikir segalanya akan beres, tidak akan terjadi masalah ini dan itu karena segalanya berubah. Pasangan seperti ini berpikir masalah terjadi karena mereka tidak bersama. Namun, setelah menikah, ketika dirasa ada sedikit saja ketidakcocokan, perpisahan pun terjadi," papar Orbuch, seperti dilansir Huffington Post.

Sementara itu, psikolog klinis Mark Dombeck, Ph.D, mengatakan ada empat tahap sebelum pasangan suami istri memutuskan bercerai. Pertama, biasanya ada konflik yang tak selalu jadi penyebab perceraian. Kemudian, dari konflik tersebut ada ketidaksetujuan di antara keduanya. Argumen pun terjadi dan di tahap kedua, pasutri mulai merasa sebal bahkan benci.


Di tahap ketiga, biasanya pasutri mencoba untuk mempertahankan pernikahannya. Di tahap keempat, jika mereka bisa bertahan, pernikahan dapat terselamatkan. Namun, ketika tak bisa bertahan, perpisahan lantas jadi jalan keluar.

Ilustrasi perceraianIlustrasi perceraian/ Foto: iStock

"Di tahap terakhir, pada pasangan yang memiliki nilai sama dan menemukan kecocokan kembali, rujuk bisa jadi jalan keluar. Tapi ketika mereka sudah tidak bisa lagi disatukan, perpisahan dipilih jadi jalan keluar," papar Dombeck, dikutip dari Mental Help.


Dikutip dari buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan yang disusun tim Klinik Tiga Generasi, disebutkan ada alasan salah seseorang menikah yakni:

1. Hanya merasa sudah umurnya untuk menikah
2. Sayang dengan hubungan pacaran yang sudah lama
3. Ingin membahagiakan orang tua
4. Ingin melarikan diri dari rumah keluarga asal
5. Putus cinta dan pasrah dengan seseorang yang kebetulan ada di samping kita
6. Pasangan adalah menantu idaman semua orang

"Menikahlah karena kita memang sudah merasa siap dan yakin bahwa pasangan adalah orang yang bisa membuat kita bahagia saat ini dan seterusnya. Jangan menikah karena lingkungan menuntut, sehingga keputusan yang dipilih terburu-buru," ujar tim penulis.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi