mom-life

Curhat Zara Leola Kangen Diantar Ayah Enda ke Sekolah

Yuni Ayu Amida Jumat, 22 Feb 2019 13:59 WIB
Curhat Zara Leola Kangen Diantar Ayah Enda ke Sekolah
Jakarta - Menjadi anak Enda 'Ungu' pastinya merupakan kebanggaan tersendiri ya, Bun. Seperti dirasakan Azahra Leola Wicuda, atau lebih dikenal dengan sapaan Zara Leola, putri sang gitaris yang saat ini berusia 12 tahun.

Meski demikian, rupanya Zara kerap merasa rindu dengan kehadiran ayahnya. Si anak sulung ini ingin seperti teman-temannya yang diantar sang ayah ke sekolah.


"Kadang aku merasa kangen sama ayah, karena lihat teman-teman yang diantar les sama ayahnya, yang enggak sendiri," tutur Zara Leola, saat berbincang eksklusif dengan HaiBunda, baru-baru ini.


Zara mengaku, kadang ada perasaan iri melihat teman-temannya yang bisa begitu dekat dengan ayahnya, yang suka diantar dan dijemput. Walau begitu, sebagai anak dari musisi terkenal, Zara mencoba memahami kesibukan sang ayah.

"Lihat teman pada diantar sama ayahnya, kalau teman show juga diantar ayahnya, jadi kangen gitu. Tapi kadang aku ngerti," kata Zara.

Tetapi, penyanyi yang juga dancer ini tidak pernah marah ataupun kecewa pada sang ayah. Paling hanya kemarahan kecil saja bila dia merasa sang ayah sedang tidak mengerti dirinya.

"Kecewa kayanya enggak pernah, aku nggak pernah ngerasa. Kalau ngerasa marah banget enggak, tapi kalau marah ya pernah, ayah nggak ngerti aku, tapi ya begitu," terangnya.

Ketika ayah sibuk bekerja dan harus meninggalkan anaknya, seperti ayah Enda 'Ungu', menurut psikolog anak Vera Itabiliana, orang tua yang harus meninggalkan anak untuk urusan pekerjaan tak perlu berkecil hati. Daripada terjebak pada guilty feeling, lebih baik menghubungi mereka sesering mungkin.

Nah, untuk menyiasati si kecil yang susah diajak bicara, Bunda dan Ayah nggak perlu khawatir. Saat mereka menjawab singkat-singkat atau mudah bosan, Ayah bisa menanyakan hal yang kreatif pada anak.

"Jadi harus dari kita untuk lebih kreatif nggak sekadar ditanya 'udah makan belum?'" tambah Vera.

Ayah yang tinggal terpisah dari keluarga juga bisa kok tetap menjaga kedekatan dengan anak-anak. Melansir Live About, Bunda bisa membantu Ayah mengobati kerinduan pada anak-anak, dengan mengirim foto sesering mungkin.

Selain itu, ketika anak rindu kepada ayahnya, anak tak perlu malu untuk mengatakan, Bun. Psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi mengungkapkan, sebenarnya kasih sayang bisa disampaikan lewat banyak cara misalnya pelukan dan sentuhan. Ratih juga menuturkan bahwa orang tua perlu untuk mempelajari bahasa cinta anak lewat berbagai hal.



"Ada beberapa anak bahkan orang dewasa yang kurang nyaman untuk menyampaikan kasih sayang secara langsung, jadi bisa saja lewat hal lain seperti hadiah. Ada anak yang bisa langsung mengekspresikan perasaan sayangnya secara gamblang dan mudah ke orang tuanya, tapi ada juga yang perlu ditanya dulu," kata Ratih.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi