mom-life

7 Benda yang Bisa Bunda Beli Dibanding Harus Bayar Plastik

Zika Zakiya Senin, 11 Mar 2019 15:04 WIB
7 Benda yang Bisa Bunda Beli Dibanding Harus Bayar Plastik
Jakarta - Plastik sudah tidak lagi gratis, Bunda. Mulai 1 Maret 2019, Bunda kini harus merogoh kocek Rp200 - Rp500 untuk setiap lembar kantong plastik yang ingin digunakan.

Ketentuan ini ditetapkan oleh swalayan Alfamart dan Alfamidi. Dilansir CNN Indonesia.com, toko ritel sebesar Hypermart pun ikut menerapkan kantong plastik berbayar ini.


Tujuan utamanya tentu saja untuk menekan penggunaan sampah plastik. Karena hingga saat ini Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.


Menurut data dari Hypermart, setiap konsumen rata-rata mengonsumi dua sampai tiga kantong plastik. Nah, dengan asumsi dua kantong plastik, maka dalam satu bulan Bunda harus mengeluarkan uang dalam skema berikut:

Rp200 x 2 = Rp400 x 30 (hari dalam sebulan) = Rp12.000
Rp12.000 x 12 bulan = Rp144 ribu

Dengan uang sejumlah Rp Rp144 ribu, dibanding harus membayar plastik, ada tujuh hal yang bisa Bunda beli nih. Apa saja?

Ilustrasi gas 3 kgIlustrasi gas 3 kg Foto: Ari Saputra


1. 7 Gas Elpiji 3 kg

Dengan harga jual sekitar Rp18.000 sampai Rp22.000, uang Rp144 ribu milik Bunda sudah bisa membeli tujuh gas elpiji ukuran tiga kilogram. Lumayan ya Bunda untuk masak makanan kesukaan suami dan anak-anak.

2. Beras Ramos 5 Kg

Beras dengan salah satu brand terbaik ini bisa dikonsumsi keluarga Bunda dengan uang Rp144 ribu yang dialokasikan dari membeli budget membeli plastik yang cuma akan jadi sampah. Apalagi, seperti kita tahu beras terbaik akan menunjang gizi dan pertumbuhan si kecil.

3. Paket spa dan pijat di salon

Daripada Bunda buang uang untuk sesuatu yang menjadi sampah tak terdaur, lebih baik manjakan diri di spa dan salon. Uang Rp144 ribu sudah bisa memberikan Bunda kenyamanan dan 'me time' yang dibutuhkan.


4. Satu kg daging sapi impor

Harga daging sapi impor Aus Topside Beef hingga tulisan ini ditayangkan adalah Rp55.000 per 500 gram. Dengan uang yang Bunda punya untuk membeli plastik, uang tersebut sudah bisa membeli daging sapi yang kaya protein dan lemak untuk perkembangan otak anak.

6. 6,5 kg telur

Dengan asumsi harga telur adalah Rp22 ribu per kilogram, maka dengan Rp144 ribu Bunda bisa membeli 6,5 kilogram telur. Wah-wah, bisa Bunda buat apa pun nih dengan telur sebanyak itu. Mulai dari telur dadar, capcay kuah siram, hingga cupcake yang imut-imut.

7. 10 kg gula pasir

Sebuah merek ternama gula pasir bernilai Rp20 ribu per kilogramnya. Dengan uang Rp144 ribu yang dimiliki dari membeli plastik, Bunda bisa membeli sepuluh bungkus gula merek ini.

Ilustrasi diet sampah plastikIlustrasi diet sampah plastik Foto: Rifkianto Nugroho

Sampah plastik sudah bukan lagi masalah kecil, Bunda. Plastik yang dulunya sangat membantu kita, bisa membuat jalur air tersumbat. Data dari National Geographic menyebut 40 persen dari plastik di seluruh dunia hanya digunakan sekali pakai. Sisanya? Menyebar di lautan, tak terdaur di tanah, dan tercecer di jalan.

Menyedihkannya lagi adalah plastik kini menjadi 'makanan' untuk lebih dari 700 spesies di lautan. "Makhluk laut dari semua ukuran, mulai dari zooplankton hingga paus, semua kini memakan plastik mikro," tulis penggiat lingkungan, Laura Parker, dalam tulisannya Planet or Plastic? We Made Plastic. We Depend On it. Now We're Drowning In It.

Yuk, Bunda, mulai sekarang kita diet kantong plastik. Mulai dari hal-hal kecil saja dulu seperti selalu membawa tas belanja kain yang bisa kita gunakan berkali-kali. Selain lebih hemat, kita juga berkontribusi agar anak-anak bisa melihat alam di kondisi terbaiknya kelak.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi