mom-life

5 Tips Aman Memilih Daycare ala Enno Lerian

Yuni Ayu Amida Kamis, 21 Mar 2019 20:01 WIB
5 Tips Aman Memilih Daycare ala Enno Lerian
Jakarta - Daycare atau tempat penitipan anak bertujuan membantu mengasuh dan merawat anak selama ditinggal bekerja, Bun. Nah, saat ini sudah banyak pilihan daycare untuk menitipkan si kecil saat Bunda bekerja.

Akan tetapi, memilih daycare enggak bisa asal lho. Pastinya banyak hal yang mesti dipertimbangkan demi kebaikan anak, seperti yang dilakukan Enno Lerian.


Penyanyi cilik era 1990-an ini kerap menitipkan dua putranya yang masih balita, selama bekerja sebagai penyiar di salah satu radio swasta di Jakarta. Ia pun berbagi tips memilih daycare agar Bunda yakin menitipkan si kecil.


1. Perhatikan lingkungan sekitar

Sebelum memilih daycare, Enno Lerian menyarankan untuk perhatikan lingkungannya, misal di jalan raya kah, di dalam komplek kah. Kemudian perhatikan tempatnya, apakah nyaman untuk anak kita. Nah, soal kenyamanan ini sendiri setiap orang tua pasti punya penilaian masing-masing ya.

"Kalau aku pilih yang di dalam komplek, dengan one gate access, jadi orang lalu lalang juga enggak sembarangan. Orang harus kasih KTP buat masuk ke komplek itu," terang ibu empat anak ini.

2. Lihat ruangan

Kemudian, ketika masuk ke ruangannya, perhatikan pula sterilisasi ruangan, kebersihan tempat bermainnya, keluasannya. Perhatikan pula tempat tidur sampai dapur.

"Ibu gurunya aware enggak sama masalah barang yang ditaruh, atau misalnya ada barang yang gampang kegapai sama anak enggak, ya seperti yang kita khawatirkan di rumah aja, kita mesti lihat itu," tutur istri dari Priambodo Soesetyo ini.

Bahkan, jika ada CCTV itu lebih baik, Bun. Walau memang ada tidak adanya CCTV bukan jaminan tempat tersebut terpercaya.

"Sebenernya enggak jaminan ada CCTV, yang penting pihak mereka komunikasi sama kita itu aman," jelas wanita 35 tahun ini.

Enno Lerian dan keluargaEnno Lerian dan keluarga Foto: Instagram


3. Menu makanan

Perhatikan juga menu makanan yang disajikan ya, Bun. Kata Enno, tujuannya agar anak tidak makan sembarangan.

"Terus ada beberapa daycare yang kadang tiap bulan mereka kasih kayak ada pantauan dokter, nah terserah butuh kayak gitu apa tidak," terang pelantun lagu anak-anak Du Di Dam ini.

4. Sesuaikan budget

Ini paling penting, Bun. Pastikan budget kita sesuai ya. Jangan memaksakan ingin menitipkan anak di daycare jika budgetnya dirasa terlalu mahal.

"Jangan maksain mentang-mentang pengen anak di daycare yang tenang terus budget mahal, akhirnya dipaksain yang ada buat makan susah," tutur wanita kelahiran Bandar Lampung ini.

5. Ketahui kegiatan

Lihat pula kegiatan yang dikasih daycare tersebut. Jangan hanya menitipkan saja tanpa kita tahu apa kegiatan yang akan anak lakukan. Hal ini jadi pertimbangan Enno karena anak bisa bosan tanpa ada kegiatan.
Nah, pendapat Enno ini sejalan dengan yang dikatakan psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi. "Kita perlu pilih-pilih tempat untuk menitipkan anak. Tidak hanya sekadar menitipkan anak saja, tapi sebaiknya ada kegiatan yang bisa mengasah kemampuan motorik, sensorik, bahasa, maupun sosialisasi," ungkapnya.

Kata Ratih, faktor kepercayaan adalah hal penting yang perlu ada saat kita ingin menitipkan anak ke daycare. Ada banyak hal yang bisa membuat kita percaya pada daycare. Salah satunya karena kita mendengar banyak testimoni positif, sehingga jadi pertimbangan dalam memilih daycare.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi