moms-life

Curhat Enno Lerian Harus Bagi Waktu untuk Anak dan Pekerjaan

Muhayati Faridatun Jumat, 22 Mar 2019 18:43 WIB
Curhat Enno Lerian Harus Bagi Waktu untuk Anak dan Pekerjaan
Jakarta - Jarang muncul di layar kaca, mantan penyanyi cilik Enno Lerian tengah menjalani bisnis hijab. Kata Enno, dia memang dari awal ingin membuka bisnis dan punya usaha sendiri. Tujuannya agar tidak bergantung dengan orang lain.

"Maksudnya, kayak suami enggak perlu tergantung sama perusahaan, begitu juga dengan aku sebaliknya. Duh, kalau enggak ada kerjaan lagi gimana ya. Gimana caranya kita survive, salah satunya dengan berusaha, punya bisnis sendiri," cerita Enno, saat Intimate Interview dengan HaiBunda, baru-baru ini.


Istri Priambodo Soesetyo ini mengaku punya alasan sendiri kenapa hijab jadi pilihan berbisnisnya. Ia melihat, kebutuhan hijab jauh lebih tinggi dibanding kebutuhan pakaian lain.


"Ngeliat aku juga pake hijab, terus hijab itu udah kebutuhan utama buat perempuan, udah ngalahin baju malah," jelasnya.

Sebagai ibu dari empat anak, yang juga bekerja sebagai penyiar di salah satu radio swasta di Jakarta, Enno merasakan betul tantangan kala berbisnis. Meski penyiar radio jadi pekerjaan utama, Enno berusaha agar bisnisnya tetap berjalan lancar.

"Jualan tuh ternyata, kita harus ngurusin admin. Kalau admin enggak bisa, kita mesti handle sendiri. Terus, gimana supaya yang di e-commerce itu tetap jalan," terangnya.

Tantangan lain yang wanita 35 tahun ini rasakan adalah tentang bagaimana membagi waktu dengan anak. Ia mengakui, untuk urusan anak, Enno sama sekali tidak meminta bantuan orang lain. Ia dan suami pun harus pandai mengatur waktu dengan baik.

"Itu lumayan kalau dikerjain berdua sama suami. Lumayan bisa bikin kepala pecah karena harus bagi waktu sama anak-anak, karena kan yang ngurusin anak itu aku dan suami. Kita enggak punya orang ketiga yang bantu kami buat ngurusin anak-anak," jelas wanita kelahiran Bandar Lampung ini.

Walaupun sibuk bekerja, orang tua terutama ibu tetap harus punya waktu luang dengan anak ya, Bun. Seperti diungkap terapis pernikahan dan keluarga Jane Greer, Ph.D., lebih baik punya waktu berkualitas bersama anak-anak meskipun hanya satu atau dua jam, sebelum berangkat bekerja. Dibanding bersama anak sepanjang hari, tapi tidak fokus pada mereka.

"Yang perlu ibu bekerja pahami adalah tidak perlu menghabiskan waktu sepanjang hari dengan anak, tapi yang penting adalah kualitas waktu bersama anak, bukan kuantitas," ujar Greer, dilansir Psychology Today.


Psikolog Vera Itabiliana pun berpendapat, peran ibu enggak cuma merawat dan melindungi anak, tapi juga memberikan kasih sayang dan nilai moral. Hal ini akan didapat anak saat ibu meluangkan waktu bersamanya.

"Dengan ibu tahu, maka anak akan lebih merasa ibunya mengerti si anak, merasa diperhatikan. Hal itu bisa membuat anak merasa nyaman, sehingga nantinya akan gampang terbuka dan jadi yang pertama tahu saat anak punya masalah," tutur Vera.

Bunda, simak obrolan HaiBunda bersama Enno Lerian selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi