mom-life

Janji Augie Fantinus Tak Tega Meninggalkan Anaknya Lagi

Yuni Ayu Amida Sabtu, 23 Mar 2019 15:31 WIB
Janji Augie Fantinus Tak Tega Meninggalkan Anaknya Lagi
Jakarta - Artis Augie Fantinus telah bebas dari penjara, terkait kasus pencemaran nama baik yang melanggar Undang-undang ITE. Ia pun mengaku banyak hal yang telah dilewatkan selama mendekam di balik jeruji besi, terutama soal perkembangan sang anak, Enzo Wiyana.

Dikutip dari InsertLive, Augie bercerita, ketika di penjara, anaknya memang beberapa kali membesuk. Tapi, karena usia sang anak baru 3,5 tahun, istrinya tidak mengatakan bahwa sang ayah di penjara, melainkan sedang sekolah.

"Karena masih 3,5 tahun, maminya menjelaskan papinya lagi sekolah, dia belum ngerti," tutur suami Adriana Bustami ini.



Pemain film Lagi-Lagi Ateng ini juga mengungkapkan kesedihan ketika sang anak menengoknya di penjara. Terlebih, dia belum bisa terus terang soal kasusnya karena memang Enzo belum bisa memahami.

"Sedih sih, apalagi kalau udah besuk, ngobrol sama papinya dia happy, tapi pada saat pulang, dia bisa tiba-tiba tanya, papi udah beres sekolahnya, terus kata gue belum, papi sekolahnya nginep, beda sama Enzo," tutur pria 39 tahun ini.

Belajar dari apa yang dialami, Augie pun berjanji untuk tidak akan meninggalkan putranya lagi. Dia tidak ingin kehilangan momen-momen emas bersama sang anak.

"Papi sayang, papi enggak mau ninggalin lagi," tutup Augie.

Peran ayah dalam tumbuh kembang anak memang sangat penting, Bun. Kehadiran ayah sangat dibutuhkan dan harus sebisa mungkin berada di sisi sang anak, terutama di masa emas pertumbuhannya.

Dikatakan Direktur YSTC (Yayasan Sayangi Tunas Cilik) mitra Save the Children, Tata Sudrajat, peran orang tua khususnya ayah sangat penting, terutama saat anak bermain. Hal ini dapat membantu tumbuh kembang anak.

"Sebab, keterlibatan Ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara baik," kata Tata.

Kehadiran ayah dalam fase bermain ini membuat anak jauh lebih cepat mengembangkan kemampuan psikomotoriknya. Karena itu, aktivitas seperti bermain di taman, bersepeda, dan berenang sangat dianjurkan.

"Kalau seorang ayah berperan, maka lebih banyak aktivitas yang dilakukan. Karena itu tumbuh kembang anak lebih baik," tegas Tata.


Selain itu, seperti dilansir Motherly, peran ayah dalam tumbuh kembang seorang anak sangat bermanfaat untuk membantu anak-anak berkomunikasi, juga membuat anak lebih tangguh.

Terutama anak laki-laki, mereka sangat membutuhkan figure ayah untuk menetapkan konsep tentang apa itu pria, karena ayah akan menjadi standar maskulinitas pertama dalam kehidupan seorang anak. Selain itu, ayah yang baik menjadikan seorang ibu juga lebih baik.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi