mom-life

Kaldu Gendut, Booster Berat Badan yang Gurih dan Lezat

Asri Ediyati Senin, 01 Apr 2019 18:30 WIB
Kaldu Gendut, Booster Berat Badan yang Gurih dan Lezat
Jakarta - Bunda, si kecil sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI)? Biasanya, si kecil paling suka kalau Bunda masak apa? Apapun makanannya, tetap ingat ya, Bun, untuk memenuhi standar WHO dengan memenuhi empat kuadran. Dalam membuat MPASI, harus mengandung protein hewani, karbohidrat, sayur dan lemak tambahan.

Lemak tambahan bisa didapatkan dari banyak bahan. Salah satunya dari kaldu, Bun. Kita tahu kaldu memberi banyak manfaat bagi anak. Kaldu memiliki manfaat gizi yang dapat mendukung pencernaan, kesehatan kulit dan sendi, tidur, dan banyak lagi. Dr.Nicole Beurkens, seorang psikolog dan nutrisionis berbasis di Michigan, AS mengatakan, konsumsi kaldu juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh. Demikian dikutip dari laman resmi Beurkens.

Kali ini, HaiBunda mendapat resep membuat kaldu gendut dari penggiat MPASI, Kushandari Arfanidewi. Kaldu gendut ini bisa menambah rasa gurih dan juga sebagai booster berat badan anak. Kabar baiknya, kaldu ini bisa jadi 'kuncian' MPASI dan bisa disimpan selama satu bulan di freezer, lho. Berikut resepnya.

Kaldu bisa disimpan di wadah-wadah kecil dan ditaruh di freezer. Kalau mau dipakai tinggal cairkan, direndam di air. Catatan penting, kaldu gendut beku sebelum dipakai diturunkan dulu ke chiller. Konsepnya sama seperti ASI perah, begitu sudah turun ke chiller, enggak boleh naik lagi ke freezer.
Kaldu Gendut, Booster Berat Badan yang Gurih dan LezatKaldu Gendut, Booster Berat Badan yang Gurih dan Lezat/ Foto: Asri Ediyati

Bahan:

3 potong sumsum
250 gram iga sapi
6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 bawang bombai
daun bawang secukupnya, ambil bagian putihnya saja
3 buah wortel
2 buah tomat
2 sdm unsalted butter
1 liter air


Cara membuat:

1. Panggang sumsum dalam oven 180 derajat Celsius selama 15 menit. Sisihkan.

2. Tumis semua bawang dengan 2 sdm unsalted butter, lalu sisihkan. Unsalted butter bisa diganti dengan minyak kelapa.

3. Panaskan satu liter, masukkan sumsum dan tumisan bawang.

4. Masukkan pula wortel ukuran sedang dan tomat. Wortel dan tomat untuk penambah rasa manis alami.

5. Masak dengan api kecil selama dua jam.

6. Saring dan masukkan dalam wadah tertutup.

Selamat mencoba!

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi