mom-life

Bunda, Salah Memilih Wangi Lotion Bikin Bayi Malas Nyusu Lho

Selasa, 02 Apr 2019 16:00 WIB
Bunda, Salah Memilih Wangi Lotion Bikin Bayi Malas Nyusu Lho
Jakarta - Siapa bilang, ibu menyusui enggak bisa tampil cantik? Meski sibuk mengurus si kecil, setidaknya Bunda bisa tetap merawat kulit dengan mengenakan lotion setiap hari.

Ya, lotion merupakan perawatan dasar untuk menjaga kulit tetap lembab. Membiarkan kulit kering akan membuat Bunda terlihat kusam lho. Tapi, ingat, Bun, jangan sembarangan memilih lotion. Pilih produk perawatan kulit yang aman untuk bayi. Bahan-bahan lotion yang keras dapat mengiritasi sistem sensitif bayi, Bun.

Melansir Healthfully, lotion yang mengandung parfum dengan aroma tertentu bisa membuat bayi tidak tertarik menyusu. Dikatakan La Leche League, penciuman bayi lebih sensitif, Bayi sangat tahu bagaimana aroma ibunya. Sebab itu menggunakan aroma yang berbeda-beda dapat menghalangi minat mereka menyusu dan menyebabkan mereka mogok menyusui.



Selain itu, Bun, perlu Bunda ketahui juga kalau lotion beraroma dapat menyebabkan peradangan pada Bunda lho. La Leche League melaporkan bahwa lotion dan parfum beraroma dapat menyebabkan kulit merah, kering, gatal, dan menyebabkan ketidaknyamanan parah.

Perlu diingat ya, Bun, selama kehamilan dan menyusui, tubuh Bunda mengalami begitu banyak perubahan hormon. Pilihan lotion terbaik yakni yang mengandung hypoallergenic. Jadi, jika lotion tersebut aman untuk bayi maka Bunda juga aman untuk memakainya.

Apalagi, lotion hypoallergenic diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Mengandung bahan-bahan dengan potensi reaksi alergi yang rendah, dan biasanya bebas dari pewarna dan pewangi sintetis.

Bunda, Salah Memilih Wangi Lotion Bikin Bayi Malas Nyusu LhoFoto: iStock

Selain lotion hypoallergenic, dokter kulit di NYC, Whitney Bowe, M.D mengatakan produk perawatan kulit dengan kandungan probiotik dapat menjadi pilihan yang bersahabat bagi ibu menyusui.

"Banyak produk perawatan kulit menggembar-gemborkan teknologi "probiotik". Probiotik sendiri yakni semacam formula yang termasuk di dalamnya fragmen bakteri. Tujuannya untuk menyeimbangkan bakteri baik dan jahat serta membantu mengatasi jerawat, kulit kering, dan eksim,"katanya, dikutip dari laman Skin Care by Alana.

Secara pribadi, Bowe pun merekomendasikan penggunaan krim probiotik dimana dalam perawatan kulit biasanya menggunakan nama-nama seperti acidophilus, bifida ferment lysate, lactobacillus plantarum, enterococcus faecalis, dan S. thermophiles.

Sementara itu, bahan-bahan yang tidak direkomendasikan seperti kandungan retinoid (biasanya terdapat dalam kemasan produk tertulis retinol, retinoic, differin, retin-A, renova, retinyl linoleate, retinyl palmitate, dan tazorac & avage).


Ada pula kandungan lainnya yang patut diwaspadai yakni paraben dimana biasanya muncul atas nama propylparaben, ethylparaben, butylparaben, isopropyl, isobutyl, methylparaben, dan chemical sunscreen.

Nah, sebaiknya Bunda lebih waspada ya terhadap kandungan lotion yang akan dipakai. Pastikan untuk memilih lotion yang aman untuk menjaga kesehatan Bunda dan si kecil!

Bunda, lihat juga yuk, macam-macam bentuk puting agar lancar menyusui dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video 20detik]

Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi