mom-life

Pakai Celana Jeans Saat Hamil, Yay or Nay?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 09 Apr 2019 18:00 WIB
Pakai Celana Jeans Saat Hamil, Yay or Nay?
Jakarta - Celana jeans menjadi fashion item yang dapat menyelamatkan penampilan di berbagai kesempatan. Saking nyamannya, banyak Bunda yang masih ingin mengenakannya saat hamil. Sebenarnya boleh enggak sih menggunakannya saat hamil, Bun?

Dr Meenakshi Ahuja, Konsultan Senior, Obstetri dan Ginekologi di Delhi mengatakan bahwa tidak ada penelitian yang menyebutkan kalau mengenakan jeans selama kehamilan akan membahayakan ibu atau bayi. Tetapi, memang ada batasan tertentu yang harus dipatuhi ibu hamil dalam memilih pakaian hamil yang tepat.

"Wanita tidak menyadari fakta bahwa rahim dapat menahan banyak tekanan dan mencegah bayi terluka. Selain itu, rahim juga menyimpan banyak cairan ketuban yang melindungi janin. Mengenakan celana jeans memang tidak terlalu menekan rahim. Tetapi, Bunda perlu mengingat beberapa hal saat memilih celana jeans selama trimester kedua dan ketiga,"ungkapnya dikutip dari The Health Site.


Lebih lanjut, Meenakshi menuturkan, agar para ibu hamil sebaiknya berinvestasi pada maternity jeans. Sebab, bentuk jeans ini tidak seperti jeans pada standar umumnya. Jeans ini dapat diregangkan sepanjang pinggang untuk mengurangi tekanan pada perut.

Ia juga menyarankan agar ibu hamil menghindari pakaian ketat. Tidak hanya jeans ketat semata, tetapi juga berbagai busana ketat yang dapat menghambat sirkulasi darah dimana ini sangat penting bagi ibu dan bayi.

Pakai Celana Jeans Saat Hamil, Yay or Nay?Jeans hamil/ Foto: iStock

Melansir Parenting First Cry, Bunda dapat memilih beberapa busana yang bersahabat selama kehamilan, Bun, diantaranya:

1. Gunakan celana atau rok yang dapat diikat dengan tali. Dengan cara ini, Bunda dapat mengatur kelonggaran sesuai kenyamanan Bunda.

2. Kenakan pakaian yang memberikan support penuh pada perut yang terus membesar. Pilihan tersebut akan membuat kehamilan Bunda lebih nyaman.

3. Bunda dapat memilih busana yang trendi dan berkelas sekaligus nyaman, seperti memadupadankan tank top atau tunik.

4. Persiapkan pula busana seperti rok atau dress mengingat masa-masa kehamilan akan membuat Bunda sering ke toilet untuk buang air kecil.

5. Pilihan maxi dress, kemeja longgar, serta tunik dapat menjadi beberapa item tepat yang bisa dipilih. Selain longgar, busana-busana tersebut juga nyaman digunakan.


Selamat berburu busana ya, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi