mom-life

Bahaya Memakai Bra yang Kesempitan Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 10 Apr 2019 12:00 WIB
Bahaya Memakai Bra yang Kesempitan Saat Hamil
Jakarta - Perubahan tubuh saat hamil akan mempengaruhi ukuran payudara. Bunda membutuhkan bra yang nyaman, karena payudara akan membengkak selama kehamilan.

Pemilihan ukuran dan material bra yang tepat, akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat rasa nyut-nyutan pada payudara, Bun. Paula Svobada, seorang bra stylist menuturkan bahwa sejak pembuahan, tubuh sebenarnya mulai berubah ketika ia bersiap untuk kehamilan.




Mulai dari payudara yang terasa lembut hingga terasa penuh saat kelenjar susu mengembang. Pada fase tersebut, penting sekali bagi ibu hamil untuk menggunakan ukuran bra baru, agar menunjang kenyamanan selama ukuran payudara membesar.

"Gunakan bra dengan ukuran baru segera setelah ada peningkatan yang nyata dalam ukuran payudara Bunda. Biasanya saat memasuki bulan ketiga dan keempat. Pada saat ini, Bunda dapat memilih bra yang memberikan Bunda support ekstra, serta fleksibilitas yang memungkinkan kenyamanan pada ukuran payudara yang baru selama kehamilan,"jelas Paula, seperti dikutip dari laman Kidspot.

Perlu Bunda tahu, ukuran bra yang tepat sangatlah diperlukan mengingat ada banyak masalah yang timbul ketika Bunda salah memilih ukuran bra. Di antaranya merasakan nyeri bahu, nyeri punggung, payudara, dan leher juga menjadi beberapa risiko yang mungkin timbul disebabkan karena pemakaian ukuran bra yang tidak tepat.

Bahaya Memakai Bra yang Kesempitan Saat HamilFoto: iStock


"Yang lebih buruk lagi dengan tidak adanya dukungan yang tepat dari bra yang Bunda gunakan yakni menyebabkan payudara kendur. Stres dari gerakan pada payudara sebenarnya menyebabkan jaringan lemak dan ligamen meregang serta melorot, terlepas dari apa pun ukuran payudara Bunda.

Nah, untuk itu penting sekali ya Bunda memprioritaskan pemilihan ukuran bra yang tepat, seperti dipaparkan Parenting First Cry berikut ini, Bun.

1. Ukuran yang pas

Selama kehamilan, sebaiknya memiliki ukuran bra yang pas. Tidak terlalu ketat atau longgar, serta memberikan dukungan terbaik untuk payudara Bunda. Bunda juga harus memeriksa tanda-tanda di kulit setelah mengenakan bra. Bra yang tidak pas akan meninggalkan bekas di kulit.

2. Tali yang dapat disesuaikan

Tali BRA sebaiknya dapat menyesuaikan dengan kenyamanan yang Bunda butuhkan, sehingga pemakaian bra tersebut memberikan support terbaik bagi payudara Bunda.

3. Pasang pengait di posisi yang tepat

Pastikan Bunda memasang kait bra pada posisi yang benar, sehingga Bunda merasa nyaman selama memakainya.

4. Hindari bra kawat

Bra seharusnya memberikan perlindungan yang tepat karena payudara akan membengkak dan sensitif selama kehamilan. Hindari pemakaian bra kawat, yang dapat melukai payudara Bunda yang sedang sensitif.

5. Pilih material yang nyaman

Selain bentuk, Bunda juga harus memerhatikan material bra yang digunakan. Pastikan bra terbuat dari kain yang ringan dan menyerap keringat seperti katun.

6. Ukuran cup yang lebih besar

Pada trimester ke-2 dan seterusnya, hormon kehamilan membuat payudara Bunda membengkak dengan cepat. Pada fase inilah dibutuhkan bra dengan ukuran cup yang lebih besar untuk memberikan kenyamanan pada kehamilan Bunda.


Selamat berburu bra yang tepat, Bun!

Simak juga yuk, Bun, macam-macam puting ibu menyusui di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi