mom-life

Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana Tenang

Asri Ediyati Senin, 15 Apr 2019 15:00 WIB
Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana Tenang
Jakarta - Selesai melakukan aktivitas seharian terkadang membuat kita berada di situasi penuh tekanan. Untuk melepaskan stres, kita perlu merasa senang, nyaman tenang. Oleh karena itu, buatlah rumah menjadi tempat Bunda menemukan kedamaian dan ketenangan.

Jika sudah menemukan ketenangan, tubuh akan pulih dan kembali siap beraktivitas. Sementara itu, seorang konsultan warna properti, Leslie Harrington mengungkap adanya keterkaitan antara warna dan suasana hati seseorang.

"Warna adalah bahasa universal dan nonverbal, dan kita semua secara intuitif tahu cara berbicara. Warna apa yang kamu cat di dindingmu bukan hanya masalah estetika. Ini adalah alat yang dapat dimanfaatkan untuk memengaruhi emosi dan perilaku," kata Leslie Harrington, konsultan warna untuk perancang rumah mewah di Old Greenwich, Connecticut, dikutip dari laman Renee Catricala Team.

Selain itu, warna yang tepat juga dapat membantu mengatasi tingkat stres sehingga dapat menenangkan beban pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi tingkat kecemasan. Untuk itu, penting bagi kita untuk menyusun kombinasi warna cat yang paling menenangkan, Bun. Berikut tips memilih cat rumah dikutip dari siaran pers AkzoNobel Decorative Paints Indonesia yang HaiBunda terima.


1. Ruang keluarga sebagai tempat istirahat dan relaksasi
Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana TenangFoto: AkzoNobel
Warna pink pastel yang lembut dapat dipadupadankan dengan nuansa kuning madu bisa membuat ruangan terasa lebih tenang dan damai. Pilihlah warna pink yang bersifat lembut dan menenangkan. Sedangkan nuansa kuning madu untuk mendatangkan suasana santai dan energi positif ke dalam ruang keluarga.

Tak hanya itu, penggunaan motif garis dengan warna gelap juga dapat memberikan kesan pada langit-langit untuk menghadirkan elemen struktural di dalam rumah. Sementara penempatan kain katun dan linen yang sederhana juga mampu menciptakan suasana ruangan menjadi lebih santai.

2. Dapur bernuansa tenang dan timeless
Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana TenangFoto: AkzoNobel
Percaya atau enggak, warna pada dapur juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan. Penggunaan warna cat tertentu bisa membangkitkan selera makan untuk penghuni rumah atau bahkan juga dapat mempengaruhi mood diet. Gunakan warna spiced honey yang hangat sebagai titik fokus pada lemari dapur.

Selanjutnya, warna pastel hijau dan krim juga dapat dipilih untuk menghadirkan keseimbangan emosional serta kebiasaan makan yang sehat. Hiasi dapur dengan kayu berwarna pucat dan porselen halus untuk membuat suasana dapur semakin elegan.

3. Kamar tidur yang tenteram
Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana TenangFoto: AkzoNobel
Sulit bagi kita untuk tidur dengan nyaman ketika mengalami stres, cemas atau marah. Tetapi jika kita merasa tenang, damai dan santai, tidur pun juga akan terasa sangat mudah. Pilihlah warna yang menenangkan untuk menciptakan suasana tidur yang kondusif.

Perpaduan nuansa karamel hangat dengan warna abu-abu yang lembut bisa membuat kualitas tidur Bunda menjadi lebih baik. Gunakan seprai putih bersih serta karya seni yang simpel untuk melengkapi tampilan sederhana dan santai pada ruang kamar tidur.


4. Kamar anak yang lembut dan menyenangkan
Tips Pilih Cat Rumah untuk Ciptakan Suasana TenangFoto: AkzoNobel
Pastikan Bunda memilih warna yang tepat untuk tetap menjaga kenyamanan kamar tidur anak. Warna yang dipilih harus bisa saling melengkapi dan sejajar dalam skema warna (color wheel), karena penggunaan warna yang kontras dapat merangsang mata dan pikiran anak-anak. 

Jangan takut untuk bereksperimen dan mencoba warna-warna baru di luar zona nyaman. Meski demikian, cobalah batasi pilihan warna yang Bunda gunakan hingga pada tiga pilihan warna saja. Sebelum mengecat, Bunda perlu pastikan, suasana apa yang ingin dibangun untuk keluarga.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi