mom-life

Saran Dude Harlino agar Para Suami Lebih Peka pada Istri

Yuni Ayu Amida Jumat, 19 Apr 2019 07:01 WIB
Saran Dude Harlino agar Para Suami Lebih Peka pada Istri
Jakarta - Rumah tangga pasangan selebriti Dude Harlino dan Alyssa Soebandono jauh dari kabar miring, Bun. Karena sebagai suami, Dude mengaku punya cara untuk menghindari konflik rumah tangga, dengan tidak suka menumpuk masalah.

"Iya, pokoknya kalo saya sama Icha (Alyssa Soebandono), kalo ada sesuatu yang mengganjal di hati, buruan diomongin. Kadang kan perempuan punya sikap kalau ada yang mengganjal didiemin, giliran ditanya enggak kenapa, padahal mukanya asem, kan lelaki enggak sepeka itu," kata Dude dikutip dari InsertLive.


Ayah satu anak ini mengungkapkan, dia memang tipe laki-laki yang akan langsung bicara kalau ada masalah. Jika mengganggu, hal sekecil apapun akan dikatakannya demi kebaikan bersama. Ia juga tidak suka memendam sesuatu yang malah bisa jadi bom waktu baginya.


"Saya lebih baik tahu di awal, ketimbang nantinya sudah ngumpul jadi besar, saya enggak mau jadi meledak gitu, saya juga bilang sama dia, sekecil apapun diomongin," jelas pria kelahiran Jakarta, 38 tahun silam ini.

Pemain film Dalam Mihrab Cinta ini juga paham bahwa laki-laki dan perempuan itu berbeda. Laki-laki memang cenderung tidak peka, itu sebabnya Dude menyarankan agar pasangan saling terbuka untuk bisa menjaga keharmonisan keluarga.

"Ya secara kodrat kan berbeda dengan perempuan. Laki-laki tidak sepeka perempuan. Jadi harus diomongin, apa yang dirasa, kalo mau komplain, ya komplain aja." tandasnya.

Saran Dude Harlino agar Para Suami Lebih Peka pada IstriFoto: Asep Syaifullah

Apa yang disarankan Dude Harlino ini benar ya, Bun. Memang seharusnya sesama pasangan itu mesti terbuka. Namun, untuk bisa bersikap terbuka ternyata tidak mudah lho. Pasangan harus benar-benar merasa dekat dan saling nyaman untuk bisa bercerita apa saja tanpa harus ditutupi.

Dikatakan psikolog anak dan keluarga, Ratih Ibrahim, tips agar pasangan mau terbuka adalah dengan memberikan feedback.

"Feedback yang kita lakukan ini memberikan inspirasi kepada orang lain untuk membagikan cerita mereka. Caranya dapat dilakukan dengan saling bertatap mata ketika sedang berbicara, sehingga dapat menimbulkan rasa kepercayaan dan keseriusan untuk berbicara lebih lagi," ungkap Ratih, dikutip dari detikcom.


Selain itu, penting juga bagi pasangan memiliki selera humor yang baik agar dapat mencairkan segala suasana dan mempermudah interaksi. Tapi, candaannya pun mesti cerdas dan tidak menjatuhkan pasangan ya, Bun.

"Orang yang suka bercanda dan bercandanya cerdas (bisa mencairkan suasana). Tapi bukan yang saling menjatuhkan, humornya juga harus ada etika," jelas Ratih.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi