parenting

Cara Menarik Alyssa Soebandono Ajak Anak Makan Bersama Keluarga

Asri Ediyati Selasa, 02 Apr 2019 06:58 WIB
Cara Menarik Alyssa Soebandono Ajak Anak Makan Bersama Keluarga
Jakarta - Seiring waktu, tradisi makan bersama keluarga di meja makan kian menghilang. Belum lagi, ada beberapa orang tua dan anak yang justru sibuk dengan gadget masing-masing saat makan. Jangan sampai kita seperti itu ya, Bun.

Alyssa Soebandono ternyata sangat memerhatikan hal tersebut. Baginya, makan bersama merupakan waktu berkualitas bersama keluarga. Alyssa memiliki cara sendiri untuk mengajak anaknya makan bersama.

Disebut Alyssa, hal yang pertama ia ajarkan pada kedua putranya, Rendra dan Malik yaitu duduk bersama di meja makan.


"Saya membiasakan anak makan bersama keluarga dengan duduk di depan meja makan. Entah mereka mau makan atau cuma mengacak-acak makanan. Sekarang, Malik (anak kedua) usianya 19 bulan, sakarang dia masih suka acak-acak makan," ujar Alyssa

Namun menariknya, jika anak pertamanya makan maka sang adik pun ikut makan. Sebagai orang tua, Alyssa enggak mau melarang anak terlalu banyak karena masih dalam tahap eksplor lingkungan.
Cara Menarik Alyssa Soebandono Ajak Anak Makan Bersama KeluargaCara Menarik Alyssa Soebandono Ajak Anak Makan Bersama Keluarga/ Foto: Keluarga Dude Harlino (Asep/detikHOT)



"Ada masa-masa anak enggak mau duduk, jadi perlu kesabaran orang tua juga. Misal anak saya enggak mau makan, saya buat mereka duduk dan dikasih pengertian," kata Alyssa Soebandono.

Begitu pula dengan kenakalan dan hal-hal 'ajaib' lainnya. Buat Alyssa, menjadi ibu enggak akan ada habisnya untuk terus belajar. Pengalaman anak pertama dan kedua pun beda.

"Menjadi orang tua akan menjadi pembelajaran sampai akhir hayat nanti. Apa pun yang kita lakukan adalah untuk yang terbaik buat anak," tutupnya.

Soal ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo mengatakan, makan bersama itu penting karena, anak itu belajar disiplin lewat rutinitas, bukan dengan kita paksa-paksa atau kita marah-marahi.

Psikolog yang akrab disapa Anas ini juga mengatakan, dari kegiatan rutin tersebut anak bisa belajar tentang kebersihan, kebersamaan, dan lain-lain. Apalagi nih, saat mau makan kita biasakan berdoa bersama dahulu. Lalu setelah selesai makan, kita bisa bercerita tentang banyak hal. Pasti seru kan, Bun?

"Belajar kenal dan mengetahui apa sih yang dialami dalam sehari ini dari anggota keluarga yang lain, semua ini bisa didapatkan ketika kita makan bersama," kata Anas.


[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi