mom-life

Tips Memenuhi Asupan Air Putih Selama Puasa Tanpa Merasa Kembung

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 May 2019 03:04 WIB
Tips Memenuhi Asupan Air Putih Selama Puasa Tanpa Merasa Kembung
Jakarta - Usai berbuka puasa dengan berbagai macam hidangan, perut rasanya sudah penuh banget ya, Bun. Asupan air pun jadi terbatas karena perut keburu kenyang. Kalau dipaksa malah menjadi kembung.

Kalau Bunda sering merasakan hal tersebut, itu artinya harus mengubah kebiasaan menu buka puasa. Kandungan air selama puasa harus terpenuhi dengan baik untuk menghindari dehidrasi. Lantas, berapakah jumlah asupan air untuk dipenuhi?


Seorang ahli gizi di Valiant Clinic Dubai, Tanya van Aswegen mengatakan, jumlah asupan air yang dibutuhkan setiap harinya untuk setiap orang akan berbeda-beda karena disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas seseorang, Bun.


"Secara umum, air yang dibutuhkan antara 2,2 liter untuk wanita dan 2,8 liter untuk pria sudah mencukupi," kata Aswegen seperti dikutip dari Gulf News.

Menurut penjelasan Aswegen, air membentuk rata-rata 60 persen dari berat badan pria dan 50-55 persen pada wanita, karena mereka memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.

Tips Memenuhi Asupan Air Putih Selama Puasa Tanpa Merasa KembungMemenuhi asupan air saat puasa/ Foto: iStock

Pada bulan Ramadhan ketika orang-orang menjalankan puasa, kemungkinan kebutuhan air yang diperlukan tubuh pun akan lebih tinggi. Hal ini biasanya dipengaruhi pada tingkat aktivitas dan kebiasaan makan.

"Mungkin Bunda akan minum lebih banyak sup, susu, dan teh herbal dimana akan berkontribusi pada total kebutuhan cairan untuk hari itu. Tantangannya ialah bagaimana memastikan Bunda mendapatkan jumlah cairan yang cukup dan dibutuhkan selama periode tersebut,"jelas Aswegen.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, penting sekali untuk menjaga kebutuhan tersebut agar Bunda tetap terhidrasi.

"Minuman saat Ramadhan banyak mengandung gula dan mengakibatkan Bunda mengonsumsi kalori ekstra. Minuman bersoda pun dapat menyebabkan gas pada perut berlebihan sehingga membuatnya kembung dan merusak pencernaan. Sangat dianjurkan untuk menghindarinya serta dianjurkan untuk tidak minum air dalam jumlah besar sekaligus selama makan dan mengganti jus manis dengan minuman segar,"kata Dr Nacin Uddin, Consultant Family Medicine di Medcare Medical Centre.

Selain itu, agar Bunda tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa, beberapa tips berikut dapat membantu, Bun, dikutip dari laman Buzzfeed:

1. Berbuka puasa dengan dua gelas air dan kurma

Hidangan ini bukan hanya tradisi karena ternyata kurma juga membantu Bunda terhidrasi dimana makanan ini merupakan sumber alami glukosa yang mendorong sel-sel untuk menyimpan cairan dan bahan bakar untuk energi.

2. Bawalah botol minum saat shalat tarawih

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, alangkah baiknya mempersiapkan minum saat Bunda sedang beribadah, termasuk ketika tarawih.


3. Pilih makanan dengan kadar air tinggi

Makanlah makanan seperti mentimun, paprika, tomat, semangka, stroberi, apel, dan bayam yang membantu Bunda tetap terhidrasi karena mengandung banyak air.

Selamat mencoba, Bun!

Agar lebih segar saat berbuka puasa, coba resep di bawah ini yuk, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi