mom-life

Bahaya Menyantap Makanan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 10 May 2019 17:32 WIB
Bahaya Menyantap Makanan Berlebihan Saat Berbuka Puasa
Jakarta - Buka puasa sering menjadi ajang pelampiasan setelah haus dan kelaparan seharian. Berbagai makanan dan minuman pun langsung disikat habis. Tapi sebenarnya boleh enggak sih kebiasaan tersebut dilakukan?

Menurut seorang nutrisionis, Kristin Koskinen RDN yang dilansir MSN, sangat penting lho, Bun, banyak mengonsumsi air dan makanan padat bernutrisi demi mengoptimalkan puasa Ramadhan.


"Makanan harus dimakan dengan penuh perhatian dan perlahan dan tanpa berpikir memakannya selagi bisa atau melahap apa yang hilang selama puasa. Jika ingin makan keseluruhan lebih sehat, mulailah dengan mengganti makanan olahan dengan makanan alami, makan lebih banyak nabati dan kurangi gula halus serta pemanis,"kata Kristin.


Selain memperhatikan nutrisi, hal lain yang perlu Bunda perhatikan yakni bagaimana puasa tetap mengedepankan prinsip kesehatan demi menjaga tubuh tetap sehat, Bun.

Bahaya Menyantap Makanan Berlebihan Saat Berbuka PuasaIlustrasi buka puasa/ Foto: iStock
Salah satu tips yang bisa dipraktikkan selama berpuasa yakni dengan tetap menjaga tubuh terhidrasi, Bun. Hal ini penting dilakukan mengingat dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala. Sehingga, penting sekali lho, menjaga asupan selama berpuasa dengan memenuhi kebutuhan cairan yang cukup.

Oh ya, Bun, agar tidak terasa bosan dan lemas selama berpuasa, pastikan untuk tetap menyibukkan diri dengan berjalan-jalan atau meditasi, membaca buku, mendengarkan musik, mandi, dan sebagainya. Aktivitas tersebut dapat mengalihkan Bunda dari kelaparan dan haus serta tidak terlalu banyak menyedot energi tentunya, seperti dikutip dari Health Line.

Terpenting, jangan berbuka puasa dengan 'pesta makanan' yang akan membuat Bunda merasa kembung dan lelah. Perlu Bunda ingat, menyantap banyak makanan saat buka puasa bisa membahayakan kesehatan secara jangka panjang. Sebab, dapat memperlambat atau menghentikan penurunan berat badan. 


Kuota kalori secara keseluruhan dapat memengaruhi berat badan. Sehingga, mengonsumsinya secara berlebih setelah berpuasa akan mengurangi defisit kalori. Sebagai gantinya, berbukalah dengan makan secara normal dan kembali pada rutinitas makan rutin Bunda ya.

Selamat mencoba, Bun!

Simak juga yuk, menu buka puasa yang bagus untuk ibu menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi