mom-life

Tips Membeli Tiket Bus atau Kereta untuk Mudik

Annisa Karnesyia Kamis, 16 May 2019 10:01 WIB
Tips Membeli Tiket Bus atau Kereta untuk Mudik
Jakarta - Mudik menjadi tradisi Lebaran wajib bagi beberapa orang. Banyak moda transportasi umum yang dijadikan pilihan untuk mudik.

Selain transportasi udara seperti pesawat, transportasi darat kini banyak diminati juga, Bun. Berdasarakan riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemudik yang menggunakan moda transportasi udara tahun ini akan menurun tapi mengalami peningkatan di transportasi darat, seperti kereta dan bus.

"Bersadarkan riset internal Traveloka, animo masyarakat terhadap moda transportasi pesawat masih cukup tinggi. Namun, di tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan," kata Iko Putera, Head of Growth Management, Transportation Product Traveloka, dalam acara 'Buka Bersama Media: Informasi Tren & Persiapan Mudik Lebaran 2019 oleh Traveloka' di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.



Data menunjukkan peningkatan mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal. Puncak arus mudik sendiri, menurut Kemenhub, diperkirakan akan jatuh pada 31 Mei 2019.

Peningkatan pengguna transportasi juga diimbangi dengan kemudahan akses mendapatkan tiket. Namun, pada waktu-waktu tertentu, lonjakan pembelian tiket mudik meningkat drastis, Bun.

"Lonjakan pembelian tiket untuk kereta biasanya H-90 sebelum Lebaran, sedangkan pesawat dan bus H-14 sebelum lebaran," ujar Iko.

Bus MudikBus Mudik/ Foto: istock

Pada kesempatan sama, Sufintri Rahayu, PR Director Traveloka menyarankan masyarakat beralih ke transportasi darat saat mudik. Menurutnya, salah satu yang menjadikan transportasi darat pilihan adalah aksesibilitas dan kenyamanannya yang sekarang sudah lebih baik.

"Ketika harga tiket pesawat mahal, orang akan beralih ke transportasi darat untuk mudik. Apalagi sekarang fasilitas transportasi darat sudah baik," papar Sufintri.


Bila sudah menentukan pilihan transportasi, tinggal bagaimana pemudik merencanakan waktu membeli tiket, Bun. Waktu beli yang tepat dapat memberikan banyak keuntungan, salah satunya mendapat kursi dan harga yang lebih murah.

Berikut 3 tips sebelum Bunda membeli tiket mudik untuk transportasi darat.

1. Waktu tepat beli tiket

"Kalau sudah terjadwal, ada yang 90 hari sebelum lebaran sudah pesan tiket. Kalau mau naik kereta yang nyaman, seperi VIP bisa 3 bulan sebelumnya. Tapi, idealnya 1 sampai 3 bulan sebelumnya sudah pesan," kata Sufintri.

2. Promo dan jaminan uang kembali

Sebaiknya pemudik mencari platform jual tiket yang menawarkan promo dan jaminan keamanan, Bun. Misalnya, saat ingin dibatalkan atau ada kendala, uang bisa kembali 100 persen.

3. Mudah

Bila dulu beli tiket harus mengantri ke stasiun atau terminal, sekarang Bunda bisa manfaatkan platform aplikasi untuk mempermudah membeli tiket kapan saja.

"Cari yang memudahkan. Misalnya, kalau beli tiket kereta enggak usah antri lagi di stasiun," tutur Sufintri.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi