mom-life

4 Tips Olahraga Saat Puasa Biar Bunda Enggak Mudah Lemas

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 20 May 2019 14:00 WIB
4 Tips Olahraga Saat Puasa Biar Bunda Enggak Mudah Lemas
Jakarta - Ada sebagian orang yang tak ingin melewatkan olahraga saat puasa Ramadhan. Tujuannya tentu agar tetap fit meski puasa sebulan penuh. Jika Bunda ingin melakukannya juga, sebaiknya pilih olahraga yang enggak berpotensi bikin badan lemas.

Olahraga sah-sah saja dilakukan asal enggak mengganggu puasa. Seperti dituturkan Dr Ranj Singh bahwa seseorang memang disarankan untuk tetap aktif selama Ramadhan. Meski demikian, latihan fisik yang dilakukan ada baiknya tidaklah berlebihan.


"Tetaplah bugar dan sehat tetapi jangan berlebihan karena Bunda bisa membuat diri sendiri jadi tidak sehat,"jelasnya, dikutip dari BBC.


Lebih lanjut, Ranj merekomendasikan untuk melakukan olahraga yang tidak membebani tubuh seperti jalan cepat, jogging ringan, dan latihan aerobik ringan lainnya. Terpenting, atur waktu latihan fisik Bunda dengan tepat agar tidak berlebihan.

"Banyak orang merasa lebih mudah berolahraga ketika mereka terbangun di pagi hari sebelum fajar. Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan untuk membangun simpanan energi selama seharian,"tambahnya.

4 Tips Olahraga di Bulan Puasa Biar Bunda Enggak Mudah LemasOlahraga saat puasa/ Foto: iStock

Melansir Evolvedaily, bagi Bunda yang ingin tetap aktif selama berpuasa, ada baiknya mengikuti panduan yang benar. Seperti beberapa anjuran berikut ini, Bun:

1. Buat keputusan

Keengganan untuk berolahraga selama Ramadhan dapat dimaklumi, Bun. Sebab, Bunda beraktivitas dengan energi terbatas karena tidak makan dan minum dalam rentang waktu tertentu. Tetapi perlu Bunda tahu bahwa olahraga faktanya saat berpuasa ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak dan menjaga otot secara biologis tetap muda.

Bahkan, berolahraga selama berpuasa dapat meningkatkan energi, membuat Bunda merasa fresh, dan membantu menjaga aliran darah serta semua fungsi tubuh berjalan dengan baik. Jadi, buatlah keputusan secara matang untuk melakukannya atau tidak.

2. Membantu menjaga kebugaran dan berat badan

Berolahraga selama puasa sebenarnya secara ilmiah melatih tubuh untuk melepaskan lemak, menggunakan simpanan lemak di tubuh untuk diubah menjadi energi. Karena tubuh dalam keadaan berpuasa maka kekurangan karbohidrat dan gula yang dibutuhkan untuk fungsi sehari-hari maka cadangan lemak pun digunakan. Jadi, tak perlu berhenti melakukan rutinitas olahraga selama Ramadhan agar tetap bugar.

3.Pilih waktu terbaik

Berolahraga kira-kira satu jam sebelum berbuka puasa dapat menjadi waktu yang dianjurkan nih, Bun. Waktu ini dianggap sangat tepat karena Bunda bisa berbuka puasa setelahnya. Jadi dapat mengisi energi tubuh kembali secara instan. Selain itu, Bunda juga dapat melakukannya setelah berbuka puasa.


4.Tentukan latihan yang tepat

Pilihlah latihan yang menurut Bunda paling efektif dilakukan dengan kondisi Bunda sendiri. Selain nyaman tentunya menghasilkan efek kebugaran pada tubuh khususnya dalam kondisi berpuasa. Bunda dapat melakukan latihan yang tidak terlalu berat seperti jogging, bersepeda, atau pergi ke gym untuk treadmill.

Nah, sudah siap untuk berolahraga hari ini, Bun? Tetap semangat dan sehat selalu!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi